Walikota Semangati Pelajar SMP Hadapi Era Digital

Walikota Surabaya Tri Rismaharini saat menyerahkan hadiah kepada pelajar SMP di Surabaya.

SURABAYA (global-news.co.id)-Walikota Surabaya Tri Rismaharini kembali menjadi pembicara, sekaligus memotivasi ratusan perwakilan organisasi pelajar SMP negeri, swasta dan madarasah se-Surabaya (ORPES), dan pengurus OSIS dalam acara pagelaran talenta seni dan kreativitas siswa di gedung siola lantai IV, Surabaya, Sabtu (9/9/2017). Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Ikhsan, Ketua Dewan Pendidikan Surabaya, Martadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP)  Erna Purnawati, beberapa kepala sekolah dan para guru SMP se-surabaya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Tri Rismaharini mengatakan kepada siswa/siswi SMP se-surabaya, bahwa penanganan anak-anak jaman sekarang dengan dahulu sangat berbeda. Hal ini disebabkan karena adanya keterbukaan dalam mencari menyerap teknologi dan informasi, sehingga persaingan ke depan akan terasa sangat berat, khususnya dalam mencari pekerjaan di era digital ini.

“Sudah saatnya kalian tidak lagi enak-enakan dan harus pintar atur waktu kalau mau jadi tuan dan nyonya di tanahnya sendiri. Kalian harus bekerja keras dan jangan takut atau lari ketika mendapat masalah. Hadapilah itu, karena ketika kalian mendapat masalah disitulah kalian menemukan kesuksesan,” kata Risma di sela-sela sambutannya.

Menurut walikota, godaan bagi anak-anak era sekarang sangat besar. Selain godaan kenakalan remaja dan narkoba juga ada bahaya pengunaan gadget. Karenanya walikota meminta orangtua dan tenaga pendidik untuk saling mengingatkan agar waktu anak-anak ketika belajar tidak terbuang hanya karena lebih mengutamakan gadget ketimbang belajar.

“Saya pengen anak anak Surabaya bisa sejajar dan bersanding dengan anak anak di dunia, asalkan ada kemauan untuk berusaha dan bekerja keras. Semua ini untuk masa depan kalian, Surabaya, bangsa dan negara Indonesia,” pungkas walikota perempuan pertama di Surabaya ini.

Selain memberi motivasi siswa-siswi pelajar SMP se-surabaya, walikota juga menyerahkan bantuan berupa buku kepada perwakilan RT/RW di surabaya. Selain itu, dirinya juga menyerahkan hadiah kepada siswa/siswi smp yang berhasil menjuarai lomba fotografi, lomba menulis dan lomba vlog. “Tularkan semangat dan prestasi yang sudah kalian buat kepada teman-temanmu yang lain supaya mereka juga bisa menorehkan prestasi seperti kalian,” pesannya usai menyerahkan hadiah.

Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan menambahkan bahwa acara ini dilakukan setiap tahun dan di inisiasi oleh perwakilan pelajar SMP yang terdiri dari pengurus-pengurus OSIS sekolah dan Organisasi Pelajar se-Surabaya (ORPES).

Tahun ini, lanjut Ikhsan, tema yang diangkat ada 2 yaitu SuroHOPE dan SHAREboyo. Untuk SuroHOPE siswa-siswi diminta menuliskan harapan dan cita-cita mereka di banner yang sudah disediakan sedangkan SHAREboyo pelajar surabaya berbagi dengan teman-teman di surabaya yang lain.

“Khusus SHAREboyo, nantinya mereka akan menyumbangkan buku sebanyak 11.309 kepada PKBM dan PBM yang ada di taman baca,” jelas Ikhsan.

Lewat acara ini, Ikhsan berharap supaya seluruh pelajar yang hadir bisa menularkan pesan dan semangat yang sudah disampaikan ibu walikota kepada teman-teman lain yang ada di sekolahnya. “Karena mereka ini pemimpin-pemimpin yang tergabung dalam anggota OSIS di sekolahnya masing-masing, maka pesan yang akan disampaikan akan cepat diterima dan diresapi oleh teman-temannya,” imbuhnya. * pur