Kapolda Jatim Apresiasi Tilang CCTV Surabaya

Irjen Pol Machfud Arifin – Kapolda Jawa Timur

SURABAYA (global-news.co.id)-Penerapan tilang CCTV di Surabaya mendapat apresiasi dari Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin. Terobosan hasil kerjasama kepolisian dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ini, patut dicontoh oleh daerah lain di Jatim, dan daerah lain di Indonesia.

Menurut Machfud, keberadaan tilang CCTV ini mampu menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. “Suroboyo iku apik smart city-ne. (Surabaya itu bagus smart city-nya). Tentunya kami berharap daerah lainnya untuk ikut membangun smart city,” kata Machfud di sela menghadiri HUT ke-62 Lalu Lintas Polri di halaman Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Jumat (22/9/2017).

Machfud menerangkan, saat ini sedang dibangun infrastruktur program tilang CCTV. Diharapkan, CCTV di seluruh 38 kabupaten dan kota terkoneksi dengan Polda Jatim. “Sedang kami bangun. Untuk jangka pendek ini, terkoneksi dengan pelayanan publik berbasis IT seperti 110, punic button,” tuturnya

Kapolda mengatakan, dengan penerapan smart city, selain dapat memantau pelanggaran lalu lintas dan menekan angka kecelakaan. Juga dapat mendukung terciptanya keamanan untuk kepentingan publik.

“Saya berharap lebih cepat lebih baik. Saya juga senang nek cepet (kalau cepat). tentunya membangun infrastruktur terlebih dahulu, jaringannya, macam-macam lah. Dan daerahnya (pemda) harus satu platform (antara kepolisian dengan pemerintah daerah),” tandasnya. * dtk, nas