Hampir 50 Persen Mahasiswa Baru Unira Dapat Beasiswa

Rektor Unira Dr Ir Risqina melepas burung merpati dalam kegiatan PKKMB 2017.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Universitas Madura (Unira) Pamekasan selama tiga hari, mulai Jumat (8/9/2017) menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik  2017-2018. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Unira Dr Ir Risqiena.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh rektor, lalu penyematan pin Unira dan pelepasan tiga burung merpati. Pelepasan burung merpati dilakukan serentak oleh rektor, pembantu rektor III dan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unira yang disaksikan oleh seluruh mahasiswa baru peserta PKKMB.

Ada banyak yang mearik pada kegiatan PKKMB tahun ini. Pertama fokus utama PKKMB tahun ini adalah menuju pembentukan karakter mahasiswa yang berilmu dan berakhlak mulia. Ini terkait  dengan fakta makin buruknya akhlak dan moralitas mahasiswa secara umum belakangan ini.

Karena pada kegiatan PKKMB tahun ini bertema membentuk mahasiswa sebagai pribadi yang berilmu dan berakhlak mulia menuju generasi berprestasi. Panitia juga memberikan materi yang terkait dengan pembentukan akhlak mulia antara lain materi nilai budaya dan tatakrama keilmuaa, nasionalisme, bahaya radikalisme dan terorisme dan narkoba.

“Karena itu pemateri yang kami hadirkan termasuk di antaranya adalah kalangan ulama yang cendikiawan. Tentang bahaya narkoba dan terorisme kami hadirkan pemateri dari Polres Pamekasan dan materi wawasan kebangsaan, nasionalisme dan bela negara kami hadirkan dari Kodim 0826 Pamekasan, Wakil Bupati Pamekasan dan pengamat sosial,” kata Pembantu Rektor III  Rachmad MPd.

Hal menarik yang kedua adalah pada tahun ajaran ini, ada tambahan beasiswa bagi mahasiswa baru Unira Pamekasan. Kalau pada tahun akademik sebelumnya hanya ada tiga jenis beasiswa yang diterima mahasiswa yakni beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) beasiswa dari Bank Jatim dan dari Pemkab Pamekasan.

“Pada tahun ini ada tambahan tiga beasiswa lagi yakni beasiswa bebas uang gedung, bebas SPP dan beasiswa Bidik Misi dari Kemenristek. Dan ini berlaku bagi perguran tinggi swasta se Indonesia yang memenuhi sarat. Alhamdulillah Unira masuk yang memenuhi syarat dapat beasiswa tambahan ini, “ jelas Rachmad.

“Jumlah mahasiswa penerima beasiswa pada tahun akademik 2017-2018 ini dari seluruh jens beasiswa totalnya mencapai 292 orang mahasiswa. Pada tahun akademik 2017-2018 ini jumlah mahasiswa baru Unira Pamekasan sebanyak 697 orang. Dari jumlah itu maka hampir 50 persen mahasiswa baru Unira tahun ini kebagian beasiswa, “ pungkasnya.  (mas/*)