Demokrat Buka Pendaftaran Cabup-Bacawabup Pamekasan Tanpa Dipungut Biaya

H. Hermanto. GN/Masdawi Dahlan

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Partai Demokrat Pamekasan membuka pendaftaran calon bupati (cabup)-calon wakil bupati (cawabup) untuk pilkada Pamekasan 2018. Pendaftaran untuk memilih pemimpin Pamekasan periode 2018-2023 itu dilakukan secara gratis, dibuka 2-9 September 2017.

Pendaftaran resmi dibuka berdasarkan SK Desk Pilkada Nomor 001/SK/DESKPILKADA/DPC.PD/ PAMEKASAN/VIII/2017. Desk Pilkada DPC Partai Demokrat Pamekasan dipimpin langsung Achmad Iskandar yang juga anggota DPRD Jawa Timur. Posisi sekretaris dipegang oleh Ketua DPC Partai Demokrat Pamekasan H.Hermanto.

Pendaftaran tak dilaksanakan di kantor DPC Partai Demokrat Pamekasan. Tetapi dilakukan di kantor DPD Partai Demokrat Jawa Timur yang berkantor di Jalan Raya Kertajaya Indah Nomor 82 Surabaya.

Bagi warga yang hendak mendaftar bisa langsung datang ke alamat tersebut.  Pendaftaran terbuka untuk kader maupun non kader dan gratis tidak dipungut biaya.

Partai Demokrat Pamekasan berharap dalam Pilkada 2018 Pamekasan mendatang juga akan mendulang sukses sebagaimana Pilkada 2013. Saat itu, pasangan Asri (Achmad Syafii dan Khalil Asyari ) yang diusung Demokrat, yang kemudian didukung partai anggota koalisi lainnya berhasil memenangkan pilkada dengan perolehan suara yang memuaskan.

Sekretaris Desk Pilkada Pamekasan 2018 H Hermanto mengatakan, partainya membuka untuk seluruh masyarakat. Pendaftaran bacabup dan bawacabup tidak hanya untuk kader internal. Tapi seluruh lapisan masyarakat, mulai dari tokoh agama, akademisi, birokrat, dan lainnya boleh mendaftar. Ini dilakukan agar figur yang diusungnya sesuai dengan harapan masyarakat Pamekasan.

Dia berharap dalam penjaringan calon pemimpin Pamekasan di Partai Demokrat ini akan melahirkan pemimpin yang amanah. Dikatakan, dalam menentukan pemenang, akan berupaya secara objektif, tidak hanya mengandalkan popularitas figur. Tetapi juga soal elaktabilitas dan akseptabilitas. Karena itu Demokrat akan melakukan survei terhadap figur yang mendaftar.

“Hasil survei akan menjadi acuan dari partai kami untuk menemukan siapa figure yang akan diusung. Saat ini sudah ada 14 orang anggota tim survey yang sudah mendapt izin dari DPP Partai Demokrat untuk menguji popularitas, elektabilitas, dan akseptabilitas figure,”  terangnya.

Dalam penilaian itu, kata Herman, tim survei akan memberlakukan sama, baik pendaftar dari internal ataupun eksternal.  Karena Partai Demokrat menginginkan kandidat terbaik untuk kemajuan Pamekasan. (mas)