Wabup Ajak Masyarakat Hayati Nilai Patriotisme

GN/Masdawi Dahlan
Wakil Bupati melepas kegiatan gerak jalan dalam rangka peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke-72.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan Khalil Asy’ari mengajak semua elemen masyarakat untuk memberikan makna digelarnya kegiatan dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI. Dengan memberi makna, maka masyarakat akan bisa mengambil hikmah atas kegiatan yang rutin dilakukan tiap tahun itu.

Dia mengemukakan hal itu saat melepas lomba gerak jalan yang digelar dalam rangkain peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017 ini. Dalam acara pelepasan itu hadir anggota Forkopimda Pamekasan, para pejabat pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Pamekasan dan masyarakat umum yang menyaksikan acara pelepasan lomba tersebut.

Wabup kemudian mencontohkan tentang lomba gerak jalan. Dia mengatakan lomba gerak jalan ini tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan seremonial belaka. Namun, memahami substansi dan esensinya jauh lebih penting. Yaitu sebagai sarana peningkatan disiplin dan motivasi membangun bangsa.

“Melalui lomba gerak jalan kita harus bisa mengambil hikmahnya. Khususnya bagaimana upaya meningkatkan disiplin, semangat dan kesehatan. Ini sangat tepat dalam kaitannya kita membangun bangsa dimana membutuhkan kedisiplinan, kesehatan  lahir dan batin dan semangat juang yang tinggi,” katanya.

Pemaknaan atau pengambilan hikmah atas kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan itu lebih khusus harus ditanamankan secara mendalam bagi kalangan generasi muda atau pelajar. Ini penting, katanya, karena generasi muda adalah generasi yang akan menjadi menerus generasi untuk mengisi dan membangun bangsa pada masa berikutnya.

Dia berharap dengan berbagai kegiatan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ini nanti lahir generasi masa depan yang sehat, kuat dan jujur dalam membangun bangsa dalam upaya mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat, seperti yang dicita-citakan para pahlawan.

Kepada masyarakat secara umum Khalil Asyari juga mengajak untuk menghayati dan memahami arti penting atau makna Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Karena penghayatan itu akan menjadi pendorong untuk memiliki semangat cinta Tanah Air yang akan lahirkan semangat dan kejuangan untuk membangun bangsa.

“Kegiatan yang kita gelar rutin tiap tahun dalam memperingati HUT Kemerdekaan ini sangat penting bagi kita. Ini akan bisa menjadi momen agar kita dapat mengingat dan menghayati  nilai-nilai Proklamasi yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu, yang kemudian kita lakukan pengabdiannya melalui aplikasi konkrit dalam kehidupan sehari hari kita, ” pungkasnya. (mas/*)