Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Ratusan Peserta Meriahkan Festival Layang-Layang Internasional di Surabaya

SURABAYA (global-news.co.id)-Agustus menjadi “bulan sibuk” bagi Kota Surabaya. Ada cukup banyak agenda internasional yang digelar di Kota Pahlawan. Setelah agenda Surabaya Half Marathon 2017 sukses digelar minggu kemarin, berlanjut akhir pekan ini, Sabtu (19/8/2017), Surabaya menjadi tuan rumah Festival Layang-Layang Internasional (Surabaya International Kite Festival 2017).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Widodo Suryantoro mengatakan, Pemerintah Kota Surabaya sudah beberapa kali menggelar festival layang-layang. Untuk tahun 2017 ini, ratusan peserta dari dalam dan luar negeri, akan ikut menyemarakkan Festival Layang-Layang Internasional yang digelar di Side Area Long Beach Timur Pakuwon City. “Rencananya ibu wali kota akan hadir membuka festival layang-layang ini,” jelas Widodo ketika jumpa pers di kantor bagian Humas Pemkot Surabaya, Selasa (15/8/2017).

Dijelaskan Widodo, festival layang-layang ini berskala internasional karena diikuti oleh peserta dari luar negeri. Peserta merupakan klub layang-layang yang berasal dari berbagai negara. Diantaranya peserta dari Malaysia yang berasal dari Kuala Lumpur, Johor dan Malaka. Kemudian dari Xiamen (Tiongkok), Hongkong, Singapura dan Thailand. “Juga ada peserta dari Eropa. Salah satunya dari Swedia,” jelas Widodo.

Selain peserta dari luar negeri, juga ada peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Diantaranya dari Jakarta ada lima klub, dari Yogyakarta ada tiga klub, lalu dari Jawa Barat yakni dari Bandung dan Depok ada tiga klub. Lalu dari Jawa Tengah ada 11 klub yang berasal dari Solo. Cilacap, Kebumen. Serta dari Jawa Timur ada 13 klub yang berasal dari Ponorogo, Tuban, Mojokerto, Sidoarjo dan Surabaya. “Ada juga dari Bali dan Makassar. Total jumlah participant ada 120 orang,” ujar Widodo.

Mantan Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya ini menuturkan, agenda ini penting sebagai bagian upaya untuk melestarikan budaya bangsa, serta meningkatkan apresiasi masyarakat kepada layang-layang. “Selain itu tentunya memberikan hiburan kepada masyarakat untuk menyemarakkan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Karenanya, silahkan warga untuk hadir meramaikan kegiatan ini,” jelas Widodo.

Bahkan, para penonton tidak hanya disuguhi aneka layang-layang hias dengan ragam kreasi. Masyarakat juga bisa berkesempatan untuk belajar membuat layang-layang hias. “Nantinya juga akan ada pemberian keterampilan dan pelatihan membuat layang-layang,” sambung Widodo. * pur

baca juga :

6 Mei: Positif Corona di Indonesia 12.438 Orang, 2.317 Sembuh dan 895 Meninggal Dunia

Redaksi Global News

Pasokan dan Distribusi Energi Jatimbalinus Dipastikan Aman

Titis Global News

Luncurkan Website SI-MBR, Data MBR Surabaya Bakal Ditempel di Balai RW

Redaksi Global News