Pria Telanjang Nekat Terobos Masuk Istana

Paspampres menangkap pria telanjang bulat yang mencoba masuk ke kompleks Instana Merdeka, Senin (28/8/2017).

JAKARTA (global-news.co.id)-Senin (28/8/2017) pagi sekitar pukul 07.30 Wib, pengamanan kompleks Istana Merdeka dibuat geger ulah seorang pria yang nekat masuk ke Istana Merdeka. Peristiwa ini membuat petugas keamanan Paspampres kelabakan.

Bagaimana tidak, pria yang belum diketahui jelas identitasnya ini nekat masuk tanpa mengenakan busana alias telanjang bulat. Paspampres yang berada di lokasi pun langsung berlarian dan mengamankan pria tersebut.

Selanjutnya, pria itu diamankan dan dimintai keterangan oleh Paspampres, yang berkoordinasi dengan Polsek Gambir. “Sekarang masih diamankan di ruangan piket Paspampres masih dimintai keterangan sambil koordinasi dengan Polsek Gambir. Sekarang di Polsek Gambir,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Senin (28/8/2017).

Pihak keluarga saat ini telah dihubungi petugas. Kejiwaan pria itu juga akan dicek. “Sedang dihubungi keluarga dan diperiksakan ke dokter,” tuturnya.

Terkait motif pria tersebut masuk ke Istana dalam keadaan bugil, Agro mengatakan, jika pria tersebut ingin menikah di Istana. Di saat dia masuk ke Istana, sempat teriak-teriak ingin menikah di Istana. “Mau kawin, mau nikah di Istana katanya,” kata Argo.

Sementara itu, Komandan Paspampres Brigjen TNI Suhartono mengatakan, pria itu terindikasi mengalami gangguan jiwa. Dia disebut lari dari arah Monas ke Istana. “Bukan menyusup, tapi ada orang lari telanjang dari arah Monas nyeberang jalan ke arah Istana, lalu ditangkap anggota Paspampres yang jaga,” kata Suhartono.

“Orang tersebut tidak beridentitas, dan menurut anggota, orang tersebut terindikasi ada gangguan jiwa,” kata Suhartono.

Namun Suhartono menyebut saat ini pria itu sudah diserahkan ke Polsek Gambir untuk penanganan lebih lanjut. “Namun untuk pendalaman lebih lanjut sudah diserahkan ke Polsek Gambir,” ucap Suhartono. * dtk, hud