Khalil Ajak Pramuka Jadi Produsen Informasi Objektif

GN/ISTIMEWA
Plt Bupati Pamekasan Khalil Asyari (nomor 6 dari kanan) bersama Formpimda.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Plt Bupati Pamekasan Khalil Asy’ari mengajak anggota Pramuka Pamekasan untuk menjadi produsen informasi bukan hanya menjadi konsumen. Selain menerima dan memberikan informasi, anggota Pramuka juga harus aktif  membantu mengatasi masalah sosial yang muncul di masyarakat.

Ajakan itu disampaikan Khalil Asyari yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pamekasan  saat memberikan sambutan dalam acara peringatan Hari Pramuka ke 56 di lapangan depan Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Senin (14/8/2017).

Khalil Asyari juga mengajak anggota Pramuka agar dalam menerima dan menyampaikan informasi harus menolak dan menghindari berita palsu atau hoax. Ajakan ini cukup beralasan sebab saat ini Gerakan Pramuka memiliki tagline “Setiap Pramuka adalah Kantor Berita”.

“Dengan demikian, anggota Pramuka harus lebih aktif, produktif, dan kreatif dalam mengabarkan keadaan di sekitarnya. Pramuka tidak hanya menjadi konsumen informasi. Tapi juga menjadi produsen informasi. Selain memberitakan informasi di media sosial, Pramuka juga merespon dan menolongnya di tempat,” kata Khalil Asy’ari.

Dia menambahkan saat ini Pramuka berada dalam suasana spirit baru gerakan pramuka di era digital. Ini terkait dengan tuntutan digitalisasi yang belakangan terus terjadi hampir dalam semua aspek kehidupan manusia.

Kehadiran gerakan Pramuka, kata Khalil, baik di media sosial maupun di dunia nyata, harus lebih terasa. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk masyarakat.

“Saat ini, Gerakan Pramuka telah mencapai usianya yang  56 tahun dan selama ini Pramuka telah mampu memberikan kontribusi nyata dalam dunia pendidikan. Sampai saat ini semangat itu tidak pernah pudar dan memang seharusnya tidak boleh pudar. Perkembangan teknologi informasi dan tuntutan  dinamika sosial masyarakat harus disikapi dengan kesiapan yang matang,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Khalil Asy’ari juga menyematkan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka (TPGP) kepada sejumlah anggota Pramuka senior atau para kakak Pembina Pramuka.  Satu orang menerima lencana melati, dua orang menerima lencana dharma bakti, serta satu orang menerima pancawarsa delapan, tiga dan dua. Sementara dua orang menerima pancawarsa satu. (mas/*)