Hotel di Makkah Terbakar, 600 Jamaah Dievakuasi

RIYADH (global-news.co.id)– Sebuah hotel di Kota Makkah, Senin (21/8/2017), mengalami kebakaran hebat. Ratusan jamaah haji yang menempati hotel yang berada di Distrik Aziziyah Makkah pun langsung dievakuasi.

Juru bicara Departemen Pertahanan Sipil Saudi, Nayef al-Sharif mengatakan, tidak ada laporan korban jiwa dalam kebakaran tersebut, yang dipicu oleh kerusakan unit pendingin udara di lantai delapan. “Penghuni hotel yang jumlahnya 600, sebagian besar jemaah haji asal dari Turki dan Yaman, dievakuasi dan sudah kembali ke hotel,” kata al Sharif.

Al Sharif mengatakan, kebakaran terjadi di lantai 8. Namun al Sharif masih enggan mempublikasikan nama hotel yang terbakar.

Tidak diketahui pasti berapa lama api kebakaran di hotel ini berkobar. Namun ditegaskan Al-Sharif, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. “Semuanya sudah aman, dan kini jamaah sudah bisa kembali ke hotel,” terangnya.

Musim haji memang menarik jutaan jemaah dari seluruh dunia untuk datang ke Saudi, khususnya Makkah yang menjadi salah satu tempat suci umat Islam.  Ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima, akan dimulai pada minggu pertama bulan September mendatang. * dtk