Gadis Prancis Itu Kejar Cinta Sang Pengamen

Dua sejoli beda negara ini sekarang menjadi buah bibir di media sosial setelah mantan pengamen dan jurnalis cantik berkewarganegaraan Prancis itu menikah pada Sabtu, 5 Agustus 2017 lalu.  Saat dikonfirmasi Rabu 9 Agustus 2017, Risal membenarkan resepsi pernikahannya digelar di Makassar.

Dia lalu bercerita awal mula pertemuannya dengan Julie. Saat itu Ijal–panggilannya– diundang manggung di Kota Padang, Sumatera Barat, pada tahun 2015 lalu oleh salah seorang rekan seprofesinya sebagai musikus.  Yang mengundang manggung adalah vokalisnya bernama Redo Malano.

“Dia orang Padang. Waktu itu saya diundang tampil di acara resepsi pernikahan dia,” kata Ijal.  Secara kebetulan  Redo Malano adalah saudara ipar Julie Martha. Redo, kata Ijal, menikah beberapa tahun lalu dengan Martha, kakak Julie, dan sekarang tinggal di Prancis. Pasangan itu kini telah dikaruniai satu orang anak.

“Martha itu dosen sastra Prancis di Unhas (Universitas Hasanuddin, Makassar). Redo dan Martha ketemu waktu kita manggung di Unhas beberapa tahun lalu. Pada saat acara nikahannya itu, saya ketemu dengan doi (Julie) di Padang,” ucapnya.

Ijal mengaku yang menyatakan cinta pertama kali adalah Julie. Saat itu, Julie “menembak” Ijal ketika dia sedang manggung di Gili Trawangan, Lombok, pada 15 Agustus 2015.  “Yang pertama kali nembak itu doi, bukan saya, di Lombok, pas lagi ada undangan tampil di sana. Tanggal 15 Agustus 2015 yang lalu, makanya ini mau ke Lombok liburan sekalian anniversary-an,” ucapnya.

Lalu bagaimana keduanya berkomunikasi? Google Translate sempat menjadi cara mereka mengobrol. Menurut Ijal, awal mereka jadian masih terkendala bahasa. Ijal tidak mengerti bahasa Prancis dan bahasa Inggris, begitu pun Julie, yang tidak mengerti bahasa Indonesia. Untungnya, berkat aplikasi Google Translate, Ijal dan Julie bisa berkomunikasi untuk mengutarakan isi hati mereka.

“Awal ketemu kita untuk ngobrol harus buka Google Translate, karena awalnya dia tertarik sama saya menggunakan bahasa hati, setelah itu kita sama-sama belajar bahasa. Julie sekarang sudah mahir bahasa Indonesia, saya juga sudah bisa bahasa Prancis,” ujar Ijal.

Setelah merasa nyaman selama setahun menjalin kasih, akhirnya mereka bersepakat melanjutkan hubungan ke pelaminan. Ijal akhirnya mempersunting Julie pada 12 Mei 2017 di Kota Paris, Prancis. Setelah menikah di Balai Kota Paris, Ijal juga menggelar resepsi di Hotel Pantai Gapura, Makassar, 5 Agustus 2017. Kini Ijal dan Julie bersama keluarga tengah berlibur di Bali. Rencana berikutnya, Ijal akan ikut kekasihnya ke Paris. Ijal akan melanjutkan kuliah di Paris.

“Sebenarnya dari bulan Mei, saya sudah sah jadi suami dan istri. Kita resepsi di kawasan Balai Kota Paris. Tapi, kan saya harus kenalkan istri saya di keluarga saya. Makanya saya bawa pulang,” tuturnya.

Awal mula karier Ijal sebagai musisi tidaklah mudah. Dia hanya seorang laki-laki yang gemar bermain gitar. Pada awal 2000-an, ia sering ngamen di Pantai Losari, Kota Makassar. Pada akhir 2001, ia nekat untuk merantau ke Jakarta untuk mengadu nasib. “Awalnya modal nekat merantau, karena di sana tidak ada keluarga maupun teman,” kata Ijal.

Kepiawaiannya bermain gitar membuatnya dilirik oleh banyak musikus ternama di Jakarta. Ijal bahkan sering manggung bersama artis-artis terkenal Ibu Kota.  “Dulu sering manggung sama artis, termasuk mantan vokalis (band) Zigaz, Zian. Padahal awalnya di Jakarta juga cuma ngamen,” ucapnya.

Sementara istrinya, ujar dia, adalah salah seorang editor dan penulis di Courrier International, salah satu media di Kota Paris, Prancis.  “Doi itu editor dan penulis di salah satu media ternama di Paris,” katanya. * hud