Tingkatkan Layanan Konsumen, PT Semen Gresik Luncurkan ‘Semen Gresik Privileges’

 

GN/Istimewa Direktur Komersial Semen Gresik M Saifudin saat soft launching Semen Gresik Privileges, akhir pekan kemarin.

SURABAYA (global-news.co.id)-PT Semen Gresik terus berupaya meningkatkan kualitas layanan pelanggannya. Kali ini, produsen semen tersebut memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang dinamai ‘Semen Gresik Privileges’, akhir pekan kemarin (29/7/2017).

Peluncuran layanan terbaru di Atrium Ciputra World Surabaya itu ditandai dengan penekanan tombol di layar digital oleh Direktur Komersial Semen Gresik M Saifudin  disaksikan perwakilan para distributor dan undangan. “Ini respon kita dalam  memanfaatkan kemajuan teknologi  informasi  guna memberikan layanan dan jangkauan pada pelanggan yang lebih luas dan cepat,” terang M. Saifudin.

Saifudin mengatakan, pelanggan curah kini tidak perlu repot dalam mendapatkan informasi produk maupun akses pelayanan. Semua bisa dilakukan secara realtime. “Kita bisa lakukan komunikasi dua arah dengan cepat,” ujarnya. Dipaparkan, layanan eksklusif berbasis digital bagi pelanggan produk curah Semen Gresik dan menyesuaikan dengan lifestyle pelanggan. Layanan ini memiliki tiga kategori keanggotaan, yaitu Diamond, Emerald, dan Ruby. Kategori keanggotan ditentukan berdasarkan volume pembelian selama periode yang ditentukan. Semakin tinggi tingkat keanggotaan, maka manfaat keistimewaan yang dapat dinikmati semakin bertambah pula.

Pelanggan dapat mendownload aplikasi di Play Store dengan kata kunci “SG Privileges” untuk menikmati fasilitas kemewahan dan eksklusif yang telah disediakan, antara lain mulai dari potongan harga sampai dengan layanan prioritas diberbagai merchant ternama.  Di antaranya Excelso, Metro Department Store, Electronic Solution, CGV Cinema, Concordia Airport Lounge, Holycow, Haagen Dasz, dan masih banyak lagi. Melalui program tersebut, Semen Gresik berupaya memberikan pengalaman yang premium dan berbeda dengan berbagai kemewahan dan keistimewaan yang diberikan.

Ini merupakan salah satu upaya PT Semen Gresik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan produk curah Semen Gresik. Menurut hasil riset pihak independen, pertumbuhan permintaan semen curah diprekdisikan akan terus melaju lebih kencang dari pertumbuhan permintaan semen zak (bag)  sampai dengan 4 tahun mendatang. Tak hanya itu, komitmen pemerintah untuk menggenjot roda perekonomian melalui percepatan pembangunan infrastruktur juga berdampak positif terhadap peningkatan konsumsi semen curah.

Dikatakan M  Saifudin,  tren penggunaan semen saat ini memang terus bergerak ke curah. Ini tak lepas dari pola perilaku masyarakat dalam membangun. Dimana,  masyarakat makin  mekanis, semakin menuntut kecepatan dan pragmatis.

Tren ini  sudah terlihat dalam  beberapa tahun terakhir di kota-kota besar. Terutama Jakarta.  Sebelumnya, komposisi penggunaan semen bag dan curah di ibukota ini terbagi 60:40, dan saat ini terus bergerak hingga mendekati fifty-fifty dan selanjutnya konsumsi semen curah akan lebih tinggi. “Kita menangkap seperti itu. Karena itu, peluang itu harus kami optimalkan.  Kehadiran Semen Gresik Previliges ini juga bagian dari itu. Termasuk  platform-platform digital lain yang sudah  kami luncurkan,” urainya. “Harus dipahami, semua itu kami dedikasikan dengan menjadikan kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama,” tambahnya.

Berkat komitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, Semen Gresik mampu menunjukkan kinerja penjualan domestik yang baik di semester I-2017. Di tengah pasar persemenan yang tengah lesu dengan penurunan permintaan sebesar 1,3 persen dari tahun lalu, volume penjualan Semen Gresik mampu tumbuh sebesar 4 persen dari tahun lalu.

Sehingga, Semen Gresik mampu mengusai pangsa pasar nasional sebesar 23,7 persen, meningkat 1,1 persen dari tahun lalu. “Kami harus menyambut kepercayaan pasar ini dengan kerja keras lagi.  Hari ini, peluncuran platform digital Semen Gresik Previliges juga bagian dari itu. Melengkapi platform-platform digital lain yang telah kita luncurkan sebelumnya. Mulai Sahabat Semen Gresik, Keluarga Kokoh, Jago Bangunan, Starfiesta dan lainnya,” ujar mantan CEO TLCC Vietnam  ini.

Sebelumnya, PT Semen Gresik memang telah meluncurkan beberapa digital platform untuk berbagai segmen pelanggan, seperti keluargakokoh.com untuk end user, starfiesta untuk pelanggan curah, jagobangunan.com untuk tukang bangunan, dan bisniskokoh.com untuk pelanggan toko bangunan. Berbagai digital platform tersebut merupakan langkah PT Semen Gresik untuk mentransformasi pola pendekatan pelanggan sehingga mampu diperoleh kedalaman dan intensitas hubungan pelanggan.

Sebelumnya, PT Semen Gresik juga telah menyabet beberapa penghargaan di tahun yang sama, antara lain Top Brand 2017, Wow Brand 2017, Most Promising Company in Strategic Marketing and Branding Campaign pada BUMN Marketing Day 2017, Solo Best Brand Index 2017, serta Jogja Best Brand Index 2017. (hud)