Global-News.co.id
Indeks Nasional

‘Siswa Mengenal Nusantara’ Semen Indonesia Ajak Siswa Kenali Ragam Budaya


GN/Istimewa
Direktur SDM dan Hukum Semen Indonesia Agung Yunanto berfoto bersama peserta program “Siswa Mengenal Nusantrara” yang diselenggarakan Semen Indonesia.

JAYAPURA (global-news.co.id)–PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mengajak 20 siswa SMA/SMK/SLB berprestasi dari Provinsi Sulawesi Utara untuk mengikuti program “Siswa Mengenal Nusantara” sebagai bagian dari program “BUMN Hadir untuk Negeri”.

“Sebanyak 20 siswa SMA/SMK/SLB dan 3 pendamping dari Provinsi Sulawesi Utara ini, selama satu minggu akan mengikuti program untuk mengenal Provinsi Papua dengan berkunjung ke berbagai tempat sejarah dan edukasi,” Direktur SDM & Hukum Semen Indonesia Agung Yunanto, kemarin.

Sebaliknya, kata Agung, sebanyak 31 siswa dan 3 pendamping SMA/SMK /SLB dari Provinsi Papua akan mengunjungi Provinsi Sulawesi Utara. “Hal tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini tentang keragaman kekayaan nusantara dan potensi daerah melalui interaksi langsung siswa dengan pemerintah dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi,” papar Agung.

Direktur SDM dan Hukum Semen Indonesia Agung Yunanto simbolis menerima siswa dari Sulawesi Utara dalam program Siswa Mengenal Nusantrara yang diselenggarakan Semen Indonesia.

Dalam seremoni penyematan atribut program “Siswa Mengenal Nusantara”, Gubernur Papua diwakili oleh Kabiro Otonomi Khusus, Haryoko Rumaropen dan dilaksanakan di Hotel Horison Jayapura.

Agung Yunanto mengatakan, dalam program ini, Semen Indonesia bekerjasama dengan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan Bhanda Ghara Reksa (BGR).

Agung Yunanto mengatakan, program “BUMN Hadir untuk Negeri” ini menyasar seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai kegiatan, tak terkecuali para siswa yang duduk di bangku sekolah..

Selama sepekan di Jayapura, kegiatan siswa dari Sulawesi Utara di antaranya adalah  mengunjungi Danau Sentani, mempelajari proses pembuatan motif batik Port Numbay dan melihat proses pembuatan garam oleh Suku Dani.

Para siswa juga akan melaksanakan bakar batu bersama siswa-siswi SMA 1 Wamena, melihat bagaimana cara memelihara lebah sampai menghasilkan madu, mengenal dan melihat tugu perbatasan RI dan Papua Nugini di Merauke, serta mengunjungi sekolah unggulan SMU 4 Jayapura.

”Melalui pertukaran pelajar ini perusahaan berkomitmen menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air pada generasi muda khususnya siswa sekolah. Menumbuhkan kesadaran bahwa keragaman itu merupakan kekuatan NKRI. Di tangan generasi muda potensi bangsa yang besar dapat diolah dengan baik yang akan mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang besar,” jelas Agung Yunanto.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk turut mendukung program “BUMN Hadir untuk Negeri” yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dalam rangka HUT RI ke-72. Perusahaan menggelar berbagai kegiatan yang dipusatkan di Provinsi Papua. Kegiatan tersebut di antaranya Siswa Mengenal Nusantara, jalan sehat, bedah rumah Veteran serta upacara HUT RI.(fan)

 

baca juga :

Tertunda 2 Tahun, SIG Kembali Fasilitasi Pemberangkatan 113 Jamaah Haji Gresik

Risma Protes Keras Pelibatan Anak-anak dalam Demonstrasi

Redaksi Global News

PSBB Jilid III Usai, Pemkab Gresik Gelar Apel Perdana dengan 7 OPD

Redaksi Global News