Ratusan KIS Warga Surabaya Tercecer di Sungai

Ratusan Kartu Indonesia Sehat yang ditemukan warga dan kepolisian setempat di Sungai Suko Blitar, Senin (24/7/2017).

SURABAYA (global-news.co.id)-Ratusan Kartu Indonesia Sehat (KIS) milik warga Kota Surabaya ditemukan di salah satu sungai di Blitar. Kartu itu ditemukan seorang warga yang tengah beraktivitas di sungai.

Kasih Indrawati, salah satu warga yang menemukan KIS mengatakan, bahwa kartu ini ditemukannya saat ia berada di sungai. Setelah menemukan kartu tersebut, dia dan anaknya langsung menyisir dan menemukan 117 kartu.

Temuan kartu yang digunakan untuk program pelayanan kesehatan gratis bagi warga miskin ini pun langsung dilaporkan ke pihak kepolisian setempat. “Total ada 117 kartu yang kami temukan,” kata Kasih yang mengaku menemukan KIS di area Sungai Suko di Desa Gandusari, Kecamatan Gandusari, Blitar, Senin (24/7/2017).

Terkait laporan tersebut, aparat kepolisian langsung melakukan penyisiran dan mendapatkan 27 KIS milik warga Kelurahan Bendul Merisi dan Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya. Pihak kepolisian juga masih menylidiki kasus penemuan kartu ini apakah disengaja dibuang atau tidak.

“Hasil penyelidikan sementara, KIS itu diduga sengaja dibuang di sini,” kata Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya, kepada wartawan di Sungai Suko, Dusun Rejosari RT 03 RW 01, Desa Gandusari, Kabupaten Blitar, Senin (24/7/2017).

Dugaan itu muncul, jelas Kapolres, karena kondisi kartu sebagian besar masih di dalam amplop dan jarak penemuan pertama dan berikutnya hanya radius 200 meter. “Sepertinya dibuang di satu lokasi, lalu hanyut. Tapi karena aliran airnya tidak deras, jadi hanyutnya tidak begitu jauh dari lokasi pertama ditemukan,” paparnya.

Sementara itu, tim Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar telah memeriksa nomor Kartu Indonesia Sehat yang bertebaran di Sungai Suko. Dari hasil pemeriksaan, KIS tersebut masih aktif dan bisa digunakan. “Dalam pemeriksaan, kartu ini masih dinyatakan aktif dan bisa digunakan,” terangnya. * okz, dtk