Pelindo III Salurkan Dana Kemintraan Rp817 Juta ke Banyuwangi

Pelindo III menyalurkan dana kemitraan di Banyuwangi.

SURABAYA (global-news.co.id) – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, menyalurkan dana kemitraan perusahaan sebesar Rp817 juta kepada 20 pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayah Banyuwangi. General Manager Pelindo III Tanjung Wangi, Banyuwangi, Edy Sulaksono dalam keterangan persnya di Surabaya, mengatakan penyaluran dana itu dilakukan kepada UKM dari berbagai jenis usaha seperti perdagangan, jasa dan industri.

“Jenis-jenis usaha yang kami beri dana kemitraan antara lain bengkel otomotif, laundri, dan usaha pembuatan tas dari bahan kulit,” katanya, kemarin.

Sebelum dilakukan penyaluran, kata Edy, pihak UKM terlebih dahulu disurvei dan diseleksi dengan memperhatikan dasar-dasar penilaian standar yang ditentukan Pelindo III, seperti memiliki komitmen dan prosopek yang bagus.

Edy mengatakan, jumlah dana kemitraan tahun 2017 yang mencapai Rp817 juta mengalami kenaikan dibanding tahun 2016 yang hanya sebesar Rp731 juta. “Dalam penyalurannya, kami menggandeng Bank Jatim dan Bank BNI untuk mempermudah proses pembayaran angsuran dan sebagai monitoring piutang mitra binaan,” katanya.

Edy mengatakan, penyaluran itu dilakukan sebagai pinjaman lunak, dan merupakan wujud kepedulian Pelindo III kepada masyarakat yang ingin mengembangkan kewirausahaan. “Kami mengingatkan kepada mitra binaan agar tidak melupakan kewajiban untuk mengangsur pinjamannya tepat waktu sesuai perjanjian yang telah disepakati,” katanya.

Dalam program kemitraan tahun 2017, Pelindo III juga mengagendakan pelatihan kewirausahaan seperti yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya. “Pelindo III Tanjung Wangi telah melaksanakan program PKBL sejak tahun 2007-2016 dengan menyalurkan dana kemitraan sebesar Rp7,6 miliar dengan 343 mitra binaan,”  ucapnya.

Salah satu mitra binaan, Nur Hidayah warga Licin, Banyuwangi, mengatakan bahwa pinjaman tahun 2017 ini merupakan pinjaman ke empatnya dalam Program Kemitraan Pelindo III. Semenjak menjadi mitra binaan, usaha bengkel otomotif yang dibangunnya menjadi berkembang dan menghasilkan peningkatan laba.

Dari dana pinjaman lunak tersebut, Nur Hidayah dapat menambah jenis sparepart yang dijual, menambah peralatan service, dan dapat membangun ruangan sendiri untuk penjualan sparepartnya. Ia merasa program ini sangat membantu keberlangsungan usahanya.

“Program Kemitraan dengan mitra binaan bisa berjalan lebih baik dan luas. Kami terbantu dengan adanya pinjaman yang bisa dipakai mengembangkan usaha,” ucapnya.

Manager Keuangan Pelindo III Tanjung Wangi Ahsan Fahruzi mengatakan, dengan adanya program kemitraan diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi mitra binaan dan memberikan pelatihan kewirausahaan yang baik dalam mengembangkan usahanya. * ara, snd, ari