Pamekasan Raih Penghargaan Nasional Bidang Koperasi

GN/IST.
Menteri koperasi menyerahkan penghargaan pada ketua koperasi pegawai Kantor Pos Pamekasan.PAMEKASAN (global-news.co.id)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus mengukir prestasi. Kali ini penghargaan diberikan atas keberhasilan membina koperasi pegawai Kantor Pos Pamekasan sehingga koperasi itu berhasil menjadi koperasi berprestasi tingkat nasional.

Penghargaan diberikan sendiri Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dan diterima oleh pengurus Koperasi Pegawai Kantor Pos Pamekasan pada saat acara puncak peringatan Hari Koperasi ke-70 pada12 Juli lalu yang dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan Drs Jon Yuliyanto MSi mengungkapkan koperasi kantor Pos Pamekasan meraih prestasi tingkat nasional berkat program jaringan kerjasama dengan koperali lain dalam hal pengiriman barang barang ke luar negeri.

“Kami ini punya punya gerakan berkirim produk ke luar negeri dengan mudah cepat dan efektif. Di luar negeri ada sekitar 2000 orang warga asal Pamekasan yang menjadi pengusaha. Selama ini ruwet pengiriman barang barang ke luar negeri,  padahal pengusaha asal Pamekasan itu sering butuh barang barang atau produk dari Pamekasan, ” katanya.

Karena itu, kata Jon, pihaknya memprakarsai pembentukan sinergisitas antara Koperasi Kantor Pos dengan Koperasi Syariah Umi dalam hal pengiriman barang barang dari Pamekasan ke luar negeri. Ternyata bisa tambah mudah, cepat dan tepat sasaran. Selain itu juga berdampak pada tambahan pemasukan bagi koperasi.

“Kalau sebelumnya setiap pengiriman barang ruwet dan agak lama akan sampai ke tujuan di luar negeri. Dengan sinergisitas ini, maka barang mudah dan cepat sampai. Dan yang menarik dalam kerjasama ini koperasi mendapat tambahan pemasukan dan itu yang selama ini menjadi nilai plus dari  program sinergisitas tersebut, “ katanya.

Pihak Kementerian Koperasi mengetahui secara jelas tentang dampak positif itu. Melalui evaluasi langsung dari laporan keuangan koperasi yang bersinergi tersebut. Sehingga dengan kreativitas dan keuntungan itulah, maka koperasi koperasi itu tercatat sebagai koperasi berprestasi dan kreatif.

Program sinergi ini nanti akan terus dikembangkan, antara lain nanti dengan STAIN Pamekasan,  SMKN 3 Pamekasan, Pegadaian dan PT Telkom dan lain sebagainya. Diskop juga telah menjalin hubungan dengan Badan Ekonomi Kreatif untuk membuka jaringan pemasaran usaha batik secara nasional.

Bupati Pamekasan Ahmad Syafii merespon positif atas prestasi  Koperasi Pamekasan binaan Dinas Koperasi dan UKM Pamekasan. Dia bertekad program pembinaan koperasi itu akan dijadikan sebagai usulan program untuk penilaian daerah inovatif dalam pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kementrian PAN dan RB.

“Bapak bupati menginginkan ada program inovatif dari Diskop yang akan diprestasikan dalam penilaian daerah inovatif dalam pelayanan publik. Semoga saja program yang kami jalankan ini cocok dan menjadi bagian dari program yang bernilai inovatif bagi daerah,” pungkasnya. (mas/*)