Dua OTK “Penyerang” Mapolres Tuban Berhasil Diringkus

PETUGAS jaga di Mapolres Tuban saat mengamankan OTK, saat hendak “menyerang” polisi, Kamis (6/7/2017).

TUBAN (global-news.co.id)- Maraknya penyerangan terhadap anggota polisi akhir-akhir ini, semakin membuat masyarakat dan aparat kepolisian untuk selalu waspada. Tak terkecuali seperti yang terjadi di Mapolres Tuban, Kamis (6/7/2017). Dua orang tak dikenal (OTK) mencoba melakukan penyerangan dengan mencoba menerobos gapura atau gerbang penjagaan.

Kedua OTK tersebut saat ditanya petugas jaga menjawab “akan mengurus laporan kehilangan”. Namun, tiba-tiba salah satu OTK mengeluarkan pisau dan melakukan penyerangan kepada petugas yang bertanya.

Berkat kesigapan petugas berhasil menepis dan berhasil melumpuhkan OTK dengan tangan kosong. Sementara itu, satu OTK yang mengendarai sepeda motor mencoba menerobos masuk dengan menggendong tas ransel.

Petugas Provos mencoba memberi peringatan tembakan ke atas, akan tetapi tidak diindahkan. Selanjutnya, petugas melumpuhkan OTK dengan timah panas tepat pada kakinya, sehingga membuatnya terkapar dan berhasil diringkus. Kegiatan tersebut hanyalah simulasi oleh jajaran Polres Tuban.

Berdasarkan keterangan Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan latihan sistem pengamanan terhadap Mapolres Tuban. Di samping itu juga suatu bentuk antisipasi pengamanan terhadap kejadian yang marak akhir-akhir ini yaitu penyerangan terhadap anggota polisi.

“Tujuannya untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan terhadap anggota dalam menghadapi situasi kontijensi sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP),” terangnya.

Kapolres yang dikenal santun dan humanis tersebut menambahkan, langkah-langkah SOP tersebut juga harus memperhatikan bagaimana masyarakat agar tetap terlindungi dan anggota yang bertugas tahu tentang apa yang harus dilakukan serta sistem apa yang dibentuk untuk memberikan pengamanan kepada Mapolres dan masyarakat.

Harapannya, melalui latihan ini (simulasi) seluruh anggota kepolisian mengetahui tugas dan fungsi masing-masing dalam menghadapi segala bentuk ancaman apapun.

Dalam latihan tersebut, sedikitnya 75 anggota dilibatkan, meliputi Satuan Reskrim, Lantas, Inafis, Sabhara, Provos dan bagian Ops Polres Tuban. * hud