Belum Dibuka, Gus Ipul Sudah ‘Kavling’ Bacagub dari Demokrat

BACAGUB Jatim Saifullah Yusuf (tengah) saat memakai baju Demokrat di sela-sela kunjungan ke DPD Partai Demokrat beberapa waktu lalu.

SURABAYA (global-news.co.id)–Setelah DPD PDIP membuka pendaftaran calon gubernur dan calon wakil gubernur (Cagub-cawagub) Jatim, kali ini giliran Partai Demokrat Jatim bakal membuka pendaftaran serupa. Prosedur pendaftaran tersebut tertuang dalam surat resmi dari DPP Partai Demokrat yang diserahkan akhir Juni 2017 lalu.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur Renville Antonio mengungkapkan, surat tertanggap 23 Juni 2017 lalu tersebut diteken langsung oleh Ketua Umum DPP PD Susilo Bambang Yudhoyono. “Proses pendaftarannya bisa dimulai Mei lalu hingga Agustus nanti,” terang Renville, Senin (3/7/2017).

Meski belum membuka secara resmi, Renville mengaku, telah menerima ‘kavling’ pendaftaran Saifullah Yusuf pada awal Juni 2017 lalu sebagai Bacagub Jatim. “Pendaftaran Gus Ipul tetap berlaku, apalagi Gus Ipul sudah minta arahan Ketum SBY. Gus Ipul juga sudah diizinkan untuk daftar cagub lewat Demokrat,” jelas wakil ketua Komisi C DPRD Jatim ini.

DPD PD Jatim, kata Renville, baru akan membuka secara resmi pendaftaran cagub-cawagub pada 12 Juli mendatang, dan diperkirakan Partai Demokrat akan menjaring calon kandidat sebanyak-banyaknya. Karenanya, DPD PD Jatim tetap membuka peluang bagi kader internal maupun eksternal untuk mendaftar dari Demokrat.

“Saya dengar ada kader internal Demokrat yang mau daftar, bahkan pejabat pemprov kabarnya juga akan daftar,” ungkapnya.

Jika pelaksanaan pendaftaran ini lancar, lanjut Renville, sekitar September 2017 hingga Januari 2018 akan dilakukan rapat internal penentuan dan pembahasan cagub-cawagub dari Partai Demokrat. “Mudah-mudahan bisa lebih cepat kalau sebelum Januari kita sudah punya pilihan cagub-cawagub,” dalihnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, ada sejumlah kader internal partai berlambang segitiga mercy yang nanti dikabarkan bakal daftar. Diantaranya adalah Nurhayati Ali Assegaf (Anggota DPR RI asal Malang) dan Sri Subiati (Anggota DPRD Jatim) asal Pacitan. Kemudian kandidat dari eksternal yang namanya santer adalah Nurwiyatno (pejabat Pemprov Jatim) dan La Nyalla M Mattalitti (Ketua Kadin Jatim).

Terpisah, Wakil Sekretaris Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Jatim, Reno Zulkarnaen memastikan Nurwiyatno yang saat ini menjabat Kepala Inspektorat Pemprov Jatim siap mendaftar melalui Partai Demokrat. Pejabat eselon II yang akan memasuki masa pensiun pada Oktober 2018 itu akan mendaftar sebagai cawagub.

“Begitu Demokrat membuka pendaftaran, kami akan mendaftarkan Pak Nurwiyatno. Beliau siap mundur dari ASN ketika sudah ditetapkan sebagai pasangan calon oleh KPU Jatim nanti,” pungkasnya. * nas