Soal Pilgub Jatim, PKS Jatim Pilih Wait And See

IRWAN SETIAWAN-SEKRETARIS DPW PKS JATIM

SURABAYA (global-news.co.id)-Dukungan partai-partai besar terhadap sosok calon gubernur (Cagub) Jatim 2018 mendatang mulai terlihat. Selain PKB yang telah menyatakan dukungan terhadap Saifullah Yusuf, sejumlah partai besar seperti Demokrat dan PDIP pun mulai memperlihatkan tanda-tanda menyatakan dukungan serupa.

Hal ini berbeda dengan sikap yang DPW PKS Jatim. Mereka lebih memilih wait and see, dan tidak tergesa-gesa mengumumkan dukungannya terhadap pasangan Cagub-Cawagub Jatim mendatang.

Sekretaris DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan mengatakan, saat ini proses Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim masih baru dimulai. Hal ini dimulai dengan safari politik seperti yang dilakukan DPW PKB Jatim bersama cagub PKB Saifullah Yusuf.

“Kami (DPW PKS Jatim) sudah disurati DPW PKB Jatim untuk menjalin silaturrahim bersama dengan Cagub PKB,” aku Irwan, Selasa (6/6/2017) kemarin.

Berdasarkan mekanisme yang ada di PKS, kata Irwan, rekomendasi dukungan PKS di Pilgub Jatim baru akan dikeluarkan paling lambat Januari 2018. “Kami tak mau tergesa-gesa, tapi yang jelas calon yang didukung PKS itu banyak yang menang. Seperti di Pilgub DKI Jakarta maupun Banten. Bahkan di Pilgub Jatim dua kali calon yang didukung PKS juga menang,” tegasnya.

Disinggung soal wacana calon tunggal di Pilgub Jatim, Yusuf Rohana wakil ketua DPW PKS Jatim menegaskan, wacana tersebut tak perlu dihadang karena pihaknya yakin akan ada calon lain di Pilgub Jatim mendatang. “Wacana calon tunggal di Pilgub Jatim itu susah,” ungkapnya.

Kendati demikian, Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim itu mengapresiasi upaya kiai sepuh Jatim yang menginginkan Gubernur Jatim mendatang berasal dari kader NU, karena mayoritas warga Jatim adalah warga nahdliyin. “NU itu mayoritas, jadi sah-sah saja menampilkan kader terbaik jadi gubernur,” jelas Yusuf.

Pertimbangan lainnya, kata Yusuf, dalam demokrasi semua orang berhak memilih atau dipilih. “Bagi PKS siapapun yang menjadi Gubernur Jatim, yang penting bisa memberi kesejahteraan yang terbaik bagi masyarakat Jatim,” pungkasnya. * nas