Pemprov Siapkan Kapal Mudik Gratis Khusus Warga Kepulauan

SUMENEP (global-news.co.id)-Warga Kepulauan di Kabupaten Sumenep tahun ini kembali bisa menikmati armada mudik gratis, menggunakan kapal laut yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Moda kapal laut ini akan siap mengantarkan warga di kepulauan Kangean, Sapekan, dan Masalembu untuk pulang kampong.

“Ada beberapa rute yang disiapkan dalam mudik gratis ke kepulauan itu. Diantaranya ke Pulau Kangean, Sapeken, dan Masalembu,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, Sustono, Sabtu, (3/6/2017).

Ia menjelaskan, untuk kapal mudik gratis tersebut, trip terbanyak adalah untuk rute Kalianget-Kangean sebanyak 12 kali pulang pergi. Jadwal mudik gratis ke Pulau Kangean tersebut dimulai pada 19 Juni 2017 pukul 08.00 WIB dari Pelabuhan Kalianget.

“Setelah tanggal 19 Juni itu, setiap hari akan ada jadwal pemberangkatan kapal mudik gratis ke Kangean, karena tripnya cukup banyak. 12 kali PP. Libur tidak ada pemberangkatan kapal mudik gratis hanya saat Lebaran,” ujarnya.

Sementara untuk kapal mudik gratis dengan rute Surabaya – Pulau Masalembu dilakukan sebanyak 6 kali PP, dimulai pada 18 Juni 2017. Untuk Banyuwangi – Pulau Sapeken sebanyak 7 kali PP, dimulai pada 19 Juni 2017.

“Untuk masing-masing rute itu disediakan satu armada kapal. Dan seluruh armada angkutan lebaran itu sudah dalam kondisi siap,” tandasnya.

Ia menambahkan, selain Pemprov Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Sumenep juga menyediakan kapal mudik gratis ke kepulauan dengan rute berbeda. “Kalau dari Pemkab, kapal mudik gratis itu berangkatnya dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Raas dan Pulau Sepudi. Selain itu juga ada yang ke Pulau Sapeken dan Kangean,” pungkasnya. * bej