Pemprov Jatim Siapkan 210.638 Kursi Mudik Gratis

Sejumlah warga sedang mendaftar Mudik Gratis di kantor Dishub & LLAJ Jatim, di Jl. A. Yani Surabaya, Senin (5/6/2017). SN

SURABAYA (global-news.co.id)–Total kursi mudik gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Jika tahun 2016 lalu hanya menyediakan 183.733 kursi, tahun ini bertambah menjadi 210.638 kursi.

“Mereka akan diberangkatkan menggunakan moda transportasi darat dan laut sesuai tujuannya,” terang Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur, Wahid Wahyudi, Senin (5/6/2017).

Wahid kemudian merinci, untuk bus disediakan sebanyak 777 bus yang berkapasitas total 73.535 orang. Bus-bus ini akan mengantarkan pemudik dari Surabaya ke hampir seluruh kota di seluruh wilayah Jatim. Mulai diantarkan ke Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Bojonegoro, Tuban, Madura, hingga Banyuwangi.

“Total ada 20 kabupaten kota yang dilalalui rute mudik gratis dengan moda bus ini,” katanya.

Untuk moda transportasi kereta api disediakan 126.303 kursi untuk 138 perjalanan. Sedangkan untuk jalur laut, Pemprov Jawa Timur memberikan fasilitas 24 perjalanan untuk 10.800 orang.

Tujuannya meliputi Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya-Pulau Masalembo, Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi-Pulau Sapeken, Pelabuhan Kalianget Sumenep-Pulau Kangean (kapal cepat), dan Pelabuhan Jangkar-Pulau Raas (kapal cepat).

“Kuota tahun ini naik 132 persen dibandingkan dengan 2016 berkat tambahan kapal mudik gratis jurusan Pelabuhan Jangkar, Pasuruan ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep,” terang Wahid.

Wahid menambahkan, calon pemudik program mudik gratis ini dapat mendaftar dengan dua cara. Cara pertama ialah mendaftar langsung di kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur, Jalan Ahmad Yani 268, Surabaya sembari membawa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Cara kedua ialah dengan mendaftar secara online melalui website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id. Calon pemudik cukup mengunggah data pemindaian dokumen KTP atau KK serta STNK bagi pemudik sepeda motor. Dalam 1×24 jam, calon pemudik diminta memverifikasi datanya. “Nanti tiket mudik gratis tetap harus dicetak dan diambil di kantor Dishub Jawa Timur,” ucap Wahid.

Pendaftaran dibuka mulai hari ini, Senin (5/6/2017), baik bagi pendaftar online maupun offline. Pemberangkatan akan dilakukan pada 22 dan 23 Juni 2017.

Selain melayani mudik gratis, Pemprov Jatim juga menggelar balik mudik gratis, seperti tahun sebelumnya, balik gratis diselenggarakan Dishub kabupaten. “Untuk balik gratis digelar mulai 28 Juni hinggga 2 Juli,” jelas Wahid.

Sulton, warga Trenggalek mengaku sangat menunggu mudik gratis naik bus itu. Selain jaminan dapat tempat duduk, dia merasa nyaman dan senang. “Saya sudah lima tahun Mudik daftarkan anak dan istri. Besok mau daftar lagi. Istri dan dua anak kalau naik bus bisa habis ratusan ribu,” kata pemudik yang membuka usaha Warung di Rungkut.

Syarat Pendaftaran cukup foto kopi KTP dan KK. Tidak perlu semua datang ke kantor Dishub bisa diwakilkan. Layanan ditutup sampai pukul 15.00.  “Pendaftaran ditutup saat tempat duduk habis. Biasanya tiga hari pertama dibuka biasanya sudah ada yang habis. Saat itu juga kami tutup untuk jurusan ini,” kata Kabid Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Jatim. * nas