Global-News.co.id
Indeks Nasional Pendidikan Utama

Lagi, Pelajar Indonesia Kirim Eksperimen ke Stasiun Antariksa

Pelajar dan Mahasiswa dari Institut Teknologi Del dan SMA Unggul Del Sumatera Utara, yang mengirimkan penelitian ke ISS.

JAKARTA (global-news.co.id)-Untuk kedua kalinya prestasi membanggakan tingkat dunia ditorehkan mahasiswa dari Institut Teknologi Del dan SMA Unggul Del Sumatera Utara. Pelajar dari dua lembaga pendidikan ini mengirimkan eksperimen ilmiah ke Stasiun Antariksa Internasional atau ISS.

Perangkat penelitian dikirimkan dengan menumpang pada muatan roket SpaceX, Falcon 9, dengan judul The Fermentation of Soybeans in Microgravity Experiment atau Fermentasi Kedelai dalam Kondisi Mikrogravitasi. Perangkat penelitian tersebut disusun oleh dua mahasiswa dari Institut Teknologi Del yakni Theodora Mega Putri Lumban Gaol dan Putry Yosefa Siboro serta delapan pelajar SMA Unggul Del.

Kedelapan pelajar SMA Unggul Del itu adalah: Afner Sirait, Arico Liberty Setiawan Sembiring, Oliver Danofan Nainggolan, Rejoel Mangasa Siagian, Matthew Addrian Silalahi, Ronaldo Simatupang, Ruth Johana Hutagalung, dan Stanley Martin Siagian.

Mereka dibimbingan dua guru sebagai mentor yaitu Eka Trisno Samosir dan Ari Raharja. “Jadi eksperimen tahun ini adalah yang kedua. Ini kelanjutan dari yang pertama tahun 2016 lalu penelitian tentang pertumbuhan ragi di luar angkasa dalam kondisi near-zero graviy,” kata Eka, Kamis (8/6/20170.

“Tahun sebelumnya kami meneliti tentang menumbuhkan ragi di luar angkasa. Tahun ini tentang menumbuhkan tempe,” tambah Eka.

Menurut dia tujuan utama dari eksperimen ilmiah ini adalah untuk meneliti pengaruh mikrogravitasi terhadap proses fermentasi kedelai dengan bantuan ragi (yeast).

Eksperimen tersebut dikirimkan ke Amerika pada Januari lalu dan baru dikirimkan ke Stasiun Antariksa Internasional atau ISS pada Minggu, 4 Juni 2017 kemarin.  * dtk

baca juga :

Ajak Pemuda Bertani Melalui Smart Farm

Redaksi Global News

Piala Thomas 2022: Ginting Menangi Laga Pembuka Perempat Final Lawan China

Bertolak ke PON XX Papua, Khofifah Dukung Langsung Perjuangan Atlet Jatim

Redaksi Global News