Jubir FPI: 17 Ramadan Habib Rizieq Pulang ke Indonesia

Habib Rizieq saat berada di Arab Saudi. Rizieq dikabarkan akan pulang ke Indonesia 12 Juni 2017 mendatang.

JAKARTA (global-news.co.id)-Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab disebut-sebut akan pulang ke Indonesia, pada 12 Juni atau 17 Ramadan mendatang. Sejauh ini, Rizieq dikabarkan tengah focus beribadah di Tanah Suci Makkah.

“Ya, mungkin beliau akan pulang tanggal 17 Ramadan,” kata juru bicara DPP FPI Slamet Maarif, saat dikonfirmasi, Sabtu (3/6/2017).

Slamet mengatakan, tidak ada permintaan khusus dari Habib Rizieq kepada pihak kepolisian terkait kepulangan ini. “Nggak ada,” ujarnya.

Seperti yang diberitakan, saat ini Rizieq berstatus tersangka kasus dugaan pornografi di situs baladacintarizieq. Polisi juga telah memasukkan Rizieq ke dalam daftar pencarian orang (DPO).

Sebelumnya, Habib Rizieq membantah, jika dirinya melarikan diri dari kasus yang saat ini sedang ditangani aparat kepolisian. Seperti yang dirilis di fan page FPI, Selasa (23/5/2017) lalu, Rizieq mengaku kini sedang tinggal di Arab Saudi.

Mengapa tidak kembali ke Indonesia untuk saat ini? Rizieq sendiri menjelaskan alasannya. Ia menuturkan, dirinya harus keluar dulu dari Indonesia untuk menenangkan situasi. “Saya harus keluar dulu dari Indonesia untuk menenangkan keadaan. Ini bukan keadaan mudah untuk bangsa Indonesia. Dua-duanya marah. Sebelah sana marah karena kalah Pilkada dan di mahkamah. Sebelah sini juga akan marah karena ulamanya ditangkap, habibnya ditangkap. Makanya mesti ada yang ngademin. Jadi langkah saya ke tanah suci itu untuk menenangkan situasi, bukan kita lari.” kata Rizieq.

Rizieq juga berpesan kepada umat Islam agar tidak mudah diadu domba. Baik terhadap sesama ormas Islam maupun organisasi nasionalis, Habib Rizieq mengajak untuk merangkul semuanya.

“Kita sesama muslim jangan sampai mau di adu domba. Bahkan jangan cuma dengan ormas Islam, dengan organisasi nasionalis pun kita juga perlu untuk merangkul semua,” pungkasnya.

Seperti diketahui, saat ini Habib Rizieq berada di Arab Saudi. Sejak kepergiannya umroh pada akhir bulan lalu, Ketua Dewan Pembina GNPF-MUI itu tidak kembali ke Indonesia. Untuk sementara, ia tinggal di Madinah. * dtk, tby