Dinkes Lamongan Siagakan Dokter Saat Lebaran

LAMONGAN (GN)-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan akan mensiapsiagakan dokter untuk menghadapai arus mudik dan balik lebaran. Kesiapan dokter ini tidak hanya aktif dalam bertugas, tapi juga terhadap dokter yang sedang mengambil cuti lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Lamongan, Taufiq Hidayat menegaskan, baik dokter maupun perawat harus siap jika sewaktu-waktu dipanggil untuk bertugas, meski bersamaan dengan lebaran Idul Fitri. “Dokter dan perawat di Puskesmas harus siap dalam kondisi apapun. Dengan demikian, jika sampai ada kejadian luar biasa seperti kecelakaan atau keracunan makanan, pasien bisa segera tertangani,” kata Taufiq, Rabu (14/6/2017).

Taufiq juga meminta seluruh unit Puskesmas di wilayahnya untuk tetap siaga, dan memberi pelayanan selama masa cuti Lebaran Idul Fitri nanti. “Itu kami lakukan untuk mengantisipasi terjadinya kejadian luar biasa (KLB) yang memerlukan penanganan segera,” ucapnya.

Selain memerintahkan kesiapsiagaan petugas medis di Puskesmas, Taufiq juga akan menyediakan pelayanan kesehatan di Pos Pantau Lebaran. “Seperti tahun lalu, kami akan menyiapkan petugas kesehatan dan obat-obatan di Pos Pantau bersama Polres Lamongan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dari 33 Puskesmas di Lamongan seluruhnya saat ini sudah memiliki fasilitas ambulanc dan UGD, 32 Puskesmas di antaranya memiliki fasilitas rawat inap, dan 1 Puskesmas dengan fasilitas rawat jalan. * ara