Daftar Mudik Gratis, Ribuan Warga Serbu Dishub Jatim

Sejumlah petugas dari Dishub Jatim saat melayani proses pendaftaran Mudik Gratis, Senin (5/6/2017). DTK

SURABAYA (global-news.co.id)-Ribuan warga dari berbagai daerah yang bekerja di Surabaya dan sekitarnya, menyerbu kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, di Jl. A. Yani Surabaya. Kehadiran mereka tidak lain untuk mendaftarkan diri program mudik gratis yang digelar Dishub Jatim.

Tahun ini, Jawa Timur menyediakan 777 bus dengan kapasitas total 73.535 orang. Sebanyak 530 bus merupakan fasilitas dari pemerintah provinsi, sedangkan sisanya dari shuttle bus dan bantuan dari pihak sponsor. Untuk 530 bus akan mengangkut pemudik ke 20 tujuan kota/kabupaten di Jawa Timur, seperti Banyuwangi, Jember, Madiun, Trenggalek, Tulungagung, dan Blitar.

“Ada sekitar 73 ribu kursi yang kita siapkan untuk mudik dan balik gratis,” kata Kepala Bidang Angkutan Keselamatan Jalan Dishub Jatim, Isa Ansori, saat ditemui di sela-sela pembukaan pendaftaran mudik gratis lebaran di Kantor Dishub Jatim, Senin (5/6/2017).

Sementara bagi pemudik sepeda motor, pihaknya tak menambah kuota. Jumlahnya sama dengan tahun 2016, yakni 400 kursi yang diangkut dengan 8 unit truk. Selain bus, pemudik yang ingin mudik dengan sepeda motor juga disiapkan angkutan truk untuk mengangkut kendaraan ke daerah asal.

“Kita juga sediakan truk untuk angkut 400 sepeda motor pemudik sedangkan orangnya naik bus,” tutur Isa.

Sedangkan untuk waktu pendaftaran mudik gratis tersebut, Isa membuka pendaftaran ini selama dua hari mulai tanggal 5-6 Juni dengan syarat fotokopi KTP dan Kartu Keluarga. “Selain manual, kita juga membuka pendaftaran secara online yang bisa diakses oleh masyarakat secara langsung mengunakan gadget masing-masing,” katanya.

Bagaimana cara mendaftarnya? Isa menjelaskan, masyarakat cukup mengakses situs mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id. “Masyarakat sekarang bisa mendaftar lewat handphone masing-masing di alamat mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id, dan para pendaftar juga bisa datang langsung kelokasi untuk daftar dengan komputer yang kita sediakan,” ungkapnya.

Sementara dari pantauan global-news, ribuan warga terlihat antre dengan tertib dengan menempati kursi yang disediakan Dishub Jatim. Beberapa di antaranya juga ada yang mencoba mengotak-atik handphone untuk mendaftar secara online.

Hadi salah satu pendaftar mudik gratis dengan tujuan Banyuwangi mengaku sengaja datang lebih awal agar cepat terdaftar mudik gratis. Ia mengaku, takut antre seperti tahun lalu yang harus menunggu berjam-jam untuk bisa mendaftar mudik gratis. “Alhamdulillah, prosesnya cepat dan langsung dapat tiket. Syaratnya cukup mudah tinggal bawa KTP dan KK,” ungkapnya. * nas