Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Indeks Metro Raya Utama

Buruan, Di PIOS Bawang Putih Dijual Rp 20 Ribu/Kg

Seorang pekerja sedang menurunkan bawang putih saat operasi pasar di PIOS Surabaya, Rabu (7/6/2017). – DTK

SURABAYA (global-news.co.id)-Operasi pasar khusus bawang putih secara besar-besaran dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) di Surabaya. Dengan menggandeng Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS), pemerintah menyiapkan puluhan ton bawang putih dijual dengan harga khusus Rp 20 ribu per kilogramnya.

Operasi pasar untuk menstabilkan harga bawang putih di pasaran ini, dilakukan PIOS di kawasan Tambak Osowilangun sejak Rabu (7/6/2018) malam. Operasi pasar ini diharapkan bisa mengendalikan harga bawang putih yang sempat meroket hingga Rp 50 ribu- Rp 60 ribu perkilogramnya.

“Kita menyediakan 58 Ton malam ini (Rebu, red) sudah siap dijual, nanti kalau habis akan didatangkan lagi, hingga harga bawang putih di Surabaya dan sekitarnya stabil. Kita ikut membantu pemerintah mengendalikan harga,” kata General Manager PIOS, Rahayu Trisila, Rabu (7/6/2017) malam.

Rahayu mengaku, bawang putih yang disediakan untuk operasi pasar kali ini berasal dari China melalui importir. “Terbuka untuk masyarakat umum, dari mana saja. Kami juga tidak membatasi. Kami berharap bisa membantu menekan harga bawang putih yang beberapa hari terakhir harganya naik,” jelasnya.

Pada malam pembukaan operasi pasar khusus bawang putih yang digelar manajemen PIOS ini, meski belum banyak sudah mulai diserbu pembeli. Mereka datang membawa mobil bak terbuka.

“Saya beli 5 karung atau 100 Kilogram. Saya jual lagi di daerah Rungkut. Jika digelontor begini, mudah-mudahan harga di pasaran akan bisa berangsur normal,” kata Achmad Suheri (51), warga Rungkut yang mengaku juga sebagai pedagang ini.

Memang belum banyak pembeli di malam pembukaan operasi pasar bawang putih, namun Rahayu Trisila menyakini di hari berikutnya akan lebih banyak pembeli yang berdatangan.

“Pengalaman kami, mereka berasal dari Lamongan, Tuban, Jombang hingga Pasuruan. Pedagang dari Surabaya tentunya juga tidak mau ketinggalan. Operasi pasar ini juga buka siang hari,” kata Rahayu.

Selain operasi pasar khusus bawang putih, PIOS juga mensupport beragam kegiatan sosial yang juga bertema pasar murah yang digelar instansi maupun komunitas.

Pada Jumat (9/7/2017) besok, PIOS juga kerjasama dengan Kejari Surabaya menggelar pasar murah khusus buah dan sayur di area Gedung Kejati Jatim, Jl Ahmad Yani, dengan menggelontor 3 ton komoditi.

Setelah di Kejati Jatim, PIOS bersama Polrestabes Surabaya juga akan menggelar pasar buah dan sayur murah sebanyak 5 ton di kawasan Tugu Bambu Runcing, Jl Panglima Sudirman, Surabaya.

Rahayu mencontohkan pada 2 dan 3 Juni kemarin, saat pasar murah buah digelar bersama Komunitas Bicara Surabaya bersama Pemkot Surabaya di halaman Artotel Surabaya, mampu menjual hampir 1,6 ton aneka buah dalam waktu tidak sampai satu jam. “Kami sangat senang jika pasar murah itu sekaligus mengkampanyekan buah nusantara,” katanya. * dtk, nas

baca juga :

Kualifikasi Piala Asia U-20: Indonesia Gilas Hong Kong 5-1

Redaksi Global News

Ramadan, Pertamina Tawarkan Cashback 30%

Redaksi Global News

Arus Mudik Lebaran, Jasa Marga Catat Rekor Tertinggi 1,7 Juta Kendaraan