Bandara Juanda Mulai Dipadati Pemudik

Pemudik mulai memadati Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo. DOK

SIDOARJO (global-news.co.id)–Suasana Arus mudik lebaran Idul Fitri 2017 di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo mulai terasa. Sejak Sabtu (17/6/2017) pagi, para pemudik yang mengguna moda angkutan udara dari berbagai wilayah di Indonesia mulai memadati bandara Juanda.

Mereka memilih mudik lebih awal untuk menghindari keramaian dan tingginya harga tiket pesawat disaat mendekati lebaran. Para pemudik rata-rata telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan memanfatkan harga promosi dari pihak maskapai. Umumnya harganya jauh lebih murah dibanding tiket saat mendekati hari Lebaran.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura 1 Surabaya, jumlah pemudik sejak Sabtu pukul 4.00 dini hari hingga pukul 10.00 pagi yang berangkat melalui bandara Juanda sudah mencapai lebih dari 15 ribu orang, atau meningkat sekitar 20% dibanding hari sebelumnya.

Sementara dari sejumlah rute penerbangan yang mulai menunjukkan peningkatan, rute penerbangan tujuan jakarta tetap mendominasi pemudik yang berangkat, selain tujuan wilayah Indonesia timur, seperti Balikpapan dan Makassar.

Widodo salah satu pemudik menyatakan, alasannya pergi lebih awal untuk mengantisipasi keramaian di bandara. Di samping itu, dengan memesan tiket di luar puncak arus mudik justru harganya lebih terjangkau. “(Kalau) sekarang tiketnya masih murah,” ujarnya.

Pihak Angkasa Pura memprediksi, puncak lonjakan arus mudik Lebaran melalui bandara Juanda akan terjadi pada H-2 hingga H-1 mendatang. * okz, nas