Persebaya Akhirnya Pecat Iwan Setiawan

IWAN SETIAWAN

SURABAYA(global-news.co.id)-Sepak terjang Iwan Setiawan di kursi kepelatihan Persebaya Surabaya akhirnya tamat. Ini seiring keputusan Manajemen Persebaya Surabaya memecat Iwan Setiawan setelah mendapat desakan dari bonek julukan supporter Persebaya Surabaya.

Pemecatan ini buntuk dari sikap arogansi Iwan yang mengacungkan jari tengah kepada Bonek, disaat Persebaya kalah 1-2 atas Martapura FC di Liga 2 pada akhir April lalu. Kelakuan mantan pelatih Persija Jakarta, Persela Lamongan, dan Pusamania Borneo FC itulah yang membuat Bonek murka, dan mendesak manajemen Persebaya untuk memutus kontrak Iwan Setiawan.

“Manajemen Persebaya memutus kontrak Iwan Setiawan sebagai head coach Persebaya. Keputusan ini diambil manajemen, setelah mengevaluasi kondisi yang terjadi selama beberapa pekan ini,” kata Candra Wahyudi, Direktur Tim Persebaya, Senin (22/5/2017) pagi.

Keputusan itu diambil untuk menjaga suasana kondusif internal tim dan warga Surabaya. Di samping itu, ditangan Iwan penampilan Persebaya kurang memuaskan. Dari dua kali tanding di laga perdana grup 5, Iwan hanya mampu mempersembahkan 1 poin. Poin itu didapat saat bermain imbang 1-1 melawan Madiun Putra di Stadion Gelora Bung Tomo. Selanjutnya kalah 1-2 dari Martapura FC.

“Sampai saat ini kami belum menunjuk pelatih baru untuk menggantikan posisi Iwan. Tapi kita akan segera mengumumkannya jika sudah menunjuk pelatih baru, sembari mengevaluasi total staf pelatih,” katanya.

Sebelum manajemen memutuskan memecat Iwan, puluhan ribu Bonek berencana mengggeruduk manajemen Pesebaya di gedung Graha Pena di Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada tanda-tanda Bonek menggelar aksi. (nas)