Meniru Kepemimpinan Rasulullah Melalui Israk Mikraj

Suasana peringatan Israk Mikraj di Pendopo Ronggosukowati. Inzet: Wabup Khalil Asyari.

Suasana peringatan Israk Mikraj di Pendopo Ronggosukowati. Inzet: Wabup Khalil Asyari.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Pemkab Pamekasan, Rabu (3/5/17), menggelar peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW di Pendopo Ronggosukowati. Acara ini diikuti para pejabat dan staf lembaga di lingkungan pemkab, jajaran anggota Forpimda. Penceramah yang dihadirkan KH Abd Mukti Tabrani LC MHi Dosen STAIN Pamekasan.

Wabup Pamekasan Khalil Asyari dalam sambutannya mengatakan peringatan Israk Mikraj ini merupakan kegiatan rutin yang digelar tiap tahun. Tujuannya mulia apabila  dicermati dan dihayati dengan baik, lalu diamalkan, maka akan sangat banyak manfaatnya bagi para pejabat dan karyawan pemkab maupun bagi masyarakat.

“Kita menginginkan agar dengan peringatan Israk Mikraj ini, para pejabat dan karyawan di Pemkab Pamekasan ini mau serius mengerjakan salat sebagai ibadah yang perintahnya diterima langsung oleh Nabi Muhammad SAW Allah SWT dalam Israk Mikraj ini,” katanya.

Melaksanakan salat dengan baik, lanjut Khalil, akan sangat  berdampak positif bagi perilaku seseorang, termasuk perilaku dalam menjalankan  tugas dan pengabdiannya sebagai pelayan rakyat.

“Yang kedua, kami menginginkan dengan peringatan Israk Mikraj ini, kita umat Islam mencontoh Rasulullah Muhammad SAW dalam soal kepeminpinan. Sebagai pelayan rakyat sebenarnya kita adalah pemimpin mereka. Karena itu kita harus tiru pola sikap kepemipinan Rasululllah. Salah satu ciri kepemimpinan Rasulullah adalah sabar dan konsisten dalam kebenaran,” jelasnya.

Sementara itu, dalam ceramahnya, KH Abd Mukti Tabranai Lc MHI mengungkapkan salah satu materi penting dalam peringatan Israk Mikraj yakni gelar Ash Shiddiq diberikan Rasulullah pada sahabat Abu Bakar seusai melakukan Israk Mikraj.

Salah satu hikmah yang harus diambil dalam Israj Mikraj ini, kata Mukti Tabrani, adalah ketika memiliki sikap shiddiq, maka itu akan menjadi awal mengantarkan menjadi orang yang beruntung karena kejujuran itu adalah dekat dengan kebaikan dan kebaikan adalah jalan menuju surga.

“Nah sebagai hikmah kita peringati Israk Mikraj ini kita umat Islam harus berjuang untuk mememiliki sikap Ash Shiddiq itu,” tandasnya.

Sementara, Dr Lukman Al Hakim SH MHum, Kabag Kesra Setdakab Pamekasan mengungkapkan untuk mensosialisasikan nilai-nilai yang peringatan Israj Mikraj ini, maka peringatan serupa direncanakan juga akan digelar secara merata di seluruh wilayah kecamatan di Pamekasan. (mas/*)