Festival Rujak Uleg Meriahkan HJKS ke-724

Tampak suasana kemeriahan Festival Rujak Uleg HJKS ke-723 tahun 2016 lalu.

SURABAYA (global-news.co.id)-Semarak Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Ke-724 tahun 2017 tampaknya semakin meriah. Setelah minggu lalu di buka dengan Parade Budaya dan Pawai Bunga Surabaya 2017. Selain itu ada pamer karya desainer yang dipusatkan di Tunjungan Plaza, sebagai salah satu ikon Fashion Surabaya.

Selanjutnya, minggu ini Pemerintah Kota Surabaya telah menyiapkan acara yang tidak kalah hebohnya. Acara ini juga bakal menyedot animo dari warga Kota Surabaya dan warga luar Kota Surabaya untuk menyaksikannya. Berbeda dengan acara sebelumnya yang bertemakan parade. Acara kali ini adalah event kuliner. Event ini bertajuk Festival Rujak Uleg Surabaya 2017.

Seperti kita ketahui bersama, bahwasannya Kota Surabaya adalah kota dengan aneka ragam kuliner. Beragam kuliner baik yang tradisional maupun yang modern ada di Kota Pahlawan ini. Pingin merasakan masakan tradisional dari kota lain..?. Tidak perlu jauh-jauh, di kota ini semuanya tersedia. Untuk lebih mengenalkan sajian kuliner asli ala Kota Pahlawan, Pemerintah Kota Surabaya mempunyai acara yang cukup unik untuk mengemasnya. Kemasan acara ini adalah Festival Rujak Uleg Surabaya 2017.

Kuliner rujak uleg adalah makanan khas yang berasal dari Kota Surabaya. Rujak Uleg sering juga di sebut dengan Rujak Cingur. Cingur sendiri adalah daging sapi yang di ambil dari bibir sapi. Sedangkan racikan utama dari Rujak Uleg ini adalah buah ketimun, sayur kangkung, tempe goreng, tahu goreng dan kacang panjang. Sebelum di gunakan bahan-bahan ini di rebus terlebih dahulu. Untuk bumbu atau sausnya terbuat dari kacang tanah, gula merah dan bumbu petis. Bumbu ini lalu di uleg dan di siramkan di atas oleh bahan-bahan tadi. Selain bahan tadi, ada pula rujak uleg versi lain yang bahan-bahannya terdiri dari buah-buahan, seperti mangga, bengkoang, ketimun dan buah lainnya. Bedanya, untuk yang versi buah, bahan-bahannya tidak perlu di rebus terlebih dahulu.

Agar kuliner asli Kota Surabaya ini tidak hilang di telan jaman, maka Pemerintah Kota Surabaya perlu suatu upaya untuk melestarikannya. Salah satu upaya yang ada adalah dengan melaksanakan Festival Rujak Uleg Surabaya 2017.

Upaya ini rupanya tidaklah sia-sia. Hal ini terbukti dengan selalu ramainya pelaksanaan acara Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 ini. Bahkan acara ini telah mendapatkan rekor MURI sebagai penguleg rujak terbanyak di awal tahun pelaksanaannya.

Pelaksanaan Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 ini akan di gelar pada hari Minggu, tanggal 14 Mei 2017. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya acara ini akan di langsungkan di jalan Kya-Kya kawasan Kembang jepun Surabaya. Nantinya jalan sepanjang 750 meter dan lebar 20 meteran ini akan penuh sesak dengan peserta dan pengunjung dari Festival Rujak Uleg Surabaya 2017. Acara ini akan di mulai pada pukul 08.00wib hingga selesai. (adv/pur)