Bupati Syafii Segera Lelang Jabatan Sekdakab

GN/Istimewa
HM Azhar saat dilantik sebagai Sekdakab Pamekasan, beberapa waktu lalu.

PAMEKASAN (global-news.co.id)–Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten (sekdakab) Pamekasan yang merupakan jabatan tertinggi di lingkungan pegawai sipil (PNS) di Pemkab Pamekasan akan kosong mulai Kamis (1/6/2017). Dr HM Ashar MM yang baru dilantik sekitar 3 bulan yang lalu sebagai Sekdakab Pamekasan, mulai memasuki masa pensiun.

Terkait itu, pemkab segera menggelar lelang jabatan agar penentuan pengganti Azhar itu bisa berjalan dengan berkualitas.  Bupati Pamekasan H. Achmad Syafii mengungkapkan, tahap lelang jabatan sekdakab kini sudah dilakukan. Pihaknya telah membentuk panitia seleksi (pansel).

“Nama-nama angota pansel sudah dikrimkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Kami sudah lapor ke Jakarta. Pansel sudah dibentuk. Tinggal nunggu rekomendasi dari Jakarta,” ujar Syafii Senin (29/5/2017).

Meski memasuki masa pensiun, kata Syafii, Azhar tetap akan berkontribusi kepada masyarakat Pamekasan. Dia mengaku menawarkan posisi baru untuk mantan kepala Bakorwil IV itu. Yakni sebagai staf ahli bupati bidang pemerintahan dan penataan birokrasi.

“Kesan teman-teman di pemkab ini, dia juga cukup baik. Dan dia tampaknya juga akan bersedia, karena itu saya menyampaikan terima kasih atas kesiapan beliau lagi di sini menerima tugas pengabdian lagi itu,” ujar Syafii.

Terkait dengan penentuan nama jabatan Plt Sekdakab, Syafii enggan menjelaskan. Namun, beredar informasi bahwa Drs Muhammad Alwi MSi yang sebelumnya menjabat Plt Sekdakab akan kembali ditunjuk menjadi pengisi jabatan sementara Sekkab.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lukman Hedi Mahdia mengatakan komposisi pansel lelang sekdakab sama dengan pansel saat pemkab membentuk pansel pemilihan kepala dinas pendidikan lalu. Yakni, dua orang dari unsur pemerintahan dan tiga orang dari jalur profesional. Bahkan Azhar masih ditunjuk sebagai ketua pansel.

Meski pendaftaran lelang sekdakab belum dibuka, sudah  muncul nama-nama yang dinilai layak jadi Sekdakab. Di antaranya,  Kepala Dispendukcapil Drs Herman Kusnadi MSi, Kepala Ir Bappeda Zainal Arifin MM, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Penataan Ruang Ir Totok Hartono, serta Kepala Dinas Kesehatan Drs Ismail Bey MSi.

Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Ismail SHI berharap pengganti  setidaknya bisa mencontohkan kinerja Azhar. Terutama, penyelesaian-penyelesaian persoalan birokrasi dan pemerintahan. “Pak Azhar itu sangat cepat, progresif, tepat, cekatan, visioner dan mengayomi kepada ASN. Sikap itu perlu dilanjutkan oleh Sekdakab yang akan datang,” tuturnya. (mas/*)