BNNP Jatim Terima Bantuan Mobil Tahanan dari Pertamina

GN/Istimewa
General Manager MOR V Herman M. Zaini (kanan) dan Kepala BNN Provinsi Jawa Timur Brigjend. Pol Fatkhur Rahman melihat-lihat mobil operasional bantuan Pertamina, Senin (15/5/2017).

SURABAYA (global-news.co.id)-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim, Senin (15/5/2017) pagi, menerima bantuan mobil tahanan dari PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V. Bantuan ini diserahkan langsung oleh General Manager PT Pertamina MOR V, Herman M Zaini kepada kepala BNNP Jatim, Brigjend Pol Fatkhur Rahman, di kantor BNNP Jatim.

Bantuan ini sangat diharapkan oleh BNNP Jatim. Sebab, sejauh ini BNNP Jatim belum memiliki mobil tahanan. Tidak hanya Jatim, 16 BNN Kabupaten/Kota di Jatim juga belum memiliki kendaraan serupa.

Bantuan mobil tahanan ini ke depannya akan digunakan oleh BNN Kota Surabaya sebagai operasional pengangkutan tersangka narkoba. “Selama ini BNNP maupun BNN di daerah belum memiliki mobil tahanan khusus. Jika ada tersangka narkoba diangkut menggunakan mobil aparat Kepolisian ataupun menggunakan mobil operasional biasa. Sekarang dengan adanya mobil tahanan khusus yang sudah dilengkapi dengan format jeruji besinya, akan semakin memudahkan anggota kami dalam menjalankan tugasnya,” ungkap Fatkhur.

Sementara itu, General Manager PT Pertamina MOR V, Herman M Zaini mengaku, pemberian mobil tahanan ini adalah bagian dari upaya Pertamina mendukung program P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba). Mobil berjenis minibus ini dibeli Pertamina seharga Rp 290 juta dan akan sepenuhnya dikelola oleh BNNP Jatim.

“Pemberian bantuan kendaraan operasional P4GN ini merupakan salah satu bentuk sinergitas Pertamina dan BNN dalam upaya untuk mengoptimalkan program-program penanganan permasalahan narkotika di Indonesia, khususnya di provinsi Jawa Timur,” ujar Herman.

Mobil ini menurut pihak BNNP Jatim merupakan mobil tahanan yang cukup memadai karena sudah dilengkapi dengan peralatan audio visual, yakni Kamera DSLR, Handycam, Laptop, Radio komunikasi, Mobile Rig dan HT, Senter, Genset serta Sirine dan Strobo (Lampu Rotator) yang diharapkan dapat lebih membantu kinerja personel BNN dalam memberantas narkoba.

Ketika ditanya apakah ke depannya, Pertamina juga akan memberikan bantuan yang sama kepada BNN Kota maupun kabupaten yang belum memiliki mobil tahanan, Herman mengaku masih akan melihat progress dan kemanfaatan mobil yang sudah mereka berikan hari ini. Jika memang sangat dibutuhkan dan urgent, Pertamina mengaku siap membantu.

“Kami akan lihat dulu, nanti jika BNN memang membutuhkan yang lebih banyak maka akan kami pertimbangkan pengadaan yang baru lagi,” aku Herman.  (bej/nas)