Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis

BNI Uji Coba EDC Berbasis Android di Wamena

GN/Istimewa

WAMENA (global-news.co.id) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengujicoba penggunaan alat transaksi elektronik atau Electronic Data Capture atau EDC berbasis Android pada penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Wamena, Papua. Sebelumnya, uji coba serupa telah dilaksanakan pada penyaluran Bantuan Sosial PKH di Jayapura, Papua dan Kota Solo, Jawa Tengah.

Uji coba ini merupakan awal dari proses penyederhanaan transaksi penyaluran bantuan sosial pemerintah melalui Agen46 atau agen yang menjadi kepanjangan tangan BNI dalam memberikan layanan perbankan di kawasan-kawasan yang memiliki akses terbatas terhadap lembaga keuangan.

Dengan menggunakan EDC berbasis Android ini, Agen46 akan semakin dimudahkan dalam memberikan layanan karena seluruh transaksi telah dikelompokkan sesuai dengan penggolongan programnya. Sebagai contoh, seluruh bantuan sosial atau subsidi pemerintah ditampilkan pada layar EDC dengan simbol-simbol yang menarik, dimana Agen46 tinggal menekan gambar-gambar tersebut saat bertransaksi.

Ujicoba EDC berbasis Android ini dilaksanakan pada saat Kementerian Sosial RI dan BNI menyalurkan Bantuan Sosial PKH di Wamena, Jayawijaya, Papua, Rabu (10/5/2017). Sehari sebelumnya, uji coba juga dilaksanakan pada acara serupa di Jayapura. Pada kedua acara tersebut hadir Presiden RI Joko Widodo, Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, dan Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati.

Keunggulan EDC berbasis Android ini adalah memungkinkan alur transaksi menjadi lebih sederhana, dari sisi infrastruktur pun menjadi lebih sederhana karena hanya menggunakan 1 alat, dan penggunakan Android memungkinkan pengembangan fitur menjadi lebih mudah di kemudian hari. Selain itu, EDC yang menggunakan platform Android terintegrasi dengan sistem aplikasi POS (Point Of Sales), sehingga memudahkan dalam mengontrol stok barang yang terjual dan tersisa.

“Saat ini sedang kami uji coba sistemnya untuk menguji teknologinya serta untuk menyesuaikan dengan kebutuhan para Agen46,” ujar Adi Sulistyowati.

Pada kunjungan ke Jayapura dan Wamena kali ini, Presiden RI menyaksikan penyaluran bantuan PKH dan Program Indonesia Pintar (PIP) yang terus diperluas hingga ke Papua oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bersama BNI. Pada kesempatan tersebut, BNI menyalurkan bantuan KPM kepada 541 penerima manfaat di Kota & Kabupaten Jayapura, serta 501 penerima manfaat di Wamena. Pada kesempatan yang sama, BNI juga memperluas jangkauan layanannya melalui pembukaan agen-agen Lakupandai (program perluasan literasi keuangan yang digagas Otoritas Jasa Keuangan atau OJK) yang disebut Agen46 di Papua. Terdapat 5 Agen46 baru yang dibuka di Jayapura dan 4 Agen46 baru di Wamena.

Untuk menunjukkan kesiapan dalam menyalurkan bantuan sosial PKH dan PIP, BNI membuka booth-booth Agen46 di lokasi acara. Pada kesempatan tersebut diujicoba penyaluran Bantuan Sosial PKH Non Tunai yang dicairkan menjadi uang tunai baik melalui mesin EDC BNI yang dioperasikan di Agen46 maupun melalui ATM BNI.(jef)

baca juga :

Pemkot Surabaya Buka Lowongan Direksi PD Pasar Surya, Karyawan Dibolehkan Mendaftar!

Redaksi Global News

Mendag Resmi Larang Ekspor Masker dan Antiseptik

Redaksi Global News

Triwulan II 2023, Ekonomi Jatim Lanjutkan Perbaikan

Redaksi Global News