29 Desa di Bojonegoro Digerojok Rp 2,8 Miliar

BOJONEGORO-Bantuan keuangan desa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur untuk 29 desa di Kabupaten Bojonegoro, tampaknya bakal segera cair. Ini seiring langkah Pemprov Jatim yang akan melakukan verifikasi desa-desa yang bakal mendapat bantuan tersebut.

Sesuai dengan kebutuhan yang ada, setiap desa pun bakal mendapat bantuan berbeda-beda. Mulai dari Rp 75 juta hingga Rp 200 juta per desa, dan keseluruhan totalnya mencapai Rp 2.802 miliar.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bojonegoro, bantuan keuangan desa dari Pemprov Jatim ini akan tersebar di 9 Kecamatan. Yakni Kecamatan Kedungadem, Kepohbaru, Sumberejo, Kasiman, Temayang, Kapas, Kanor, margomulyo dan Kecamatan Dander.

Kasi Bina Keuangan dan Aset Desa, DPMPD Bojonegoro, M. Imam Affan mengatakan, bantuan keuangan nantinya, diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan, pembangunan jaringan irigasi dan pembangunan lain yang mendukung infrastruktur desa.

“Mulai besok Tim verifikasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan melakukan verifikasi terhadap 29 desa yang menerima bantuan. Verifikasi akan dilakukan selama dua hari yakni tanggal 29 dan 30 Mei mendatang,” ujarnya, Selasa (30/5/2017).

Berikut Penerima bantuan keuangan desa Tahun Anggaran 2017 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk wilayah Kabupaten Bojonegoro. Desa Kalangan, sebesar Rp100 juta, Desa Meduri Kecamatan Margomulyo, Rp100 juta. Di Kecamatan Kanor, ada Desa Prigi Rp75 juta, Desa Prambon Rp100 juta, Desa Kedungprimpen Rp100 juta, Desa Bungur 150 juta, Desa Temu Rp100 juta, Desa Simbatan Rp100 juta, Desa Semambung Rp75 juta, Desa Kabalan, Rp75 juta, Desa Pesen Rp200 juta, Desa Piyak Rp100 juta.

Di Kecamaran Sumberejo, bantuan keuangan Desa itu untuk Desa Butoh Rp100 juta, Desa Karangdinoyo Rp100 juta, Desa Mlinjeng Rp100 juta, Desa Prayungan Rp75 juta. Kecamatan Dander, Desa Sumberarum menerima Rp132 juta, Desa Ngumpakdalem Rp100 juta, Desa Dander Rp150 juta. Untuk Kecamatan Kepohbaru, Desa Kepoh menerima Rp75 juta. Tiga Desa di Kecamatan Temayang, Desa Soko, Kedungsumber dan Desa Temayang menerima bantuan keuangan desa sebesar Rp75 juta.

 

Di Kecamatan Kedungadem, bantuan keuangan diterima oleh Desa Tumbrasanom, sebesar Rp75 juta. Empat Desa di Kecamatan Kapas, seperti Desa Plesungan, Tapelan, Sukowawti dan Desa Bakalan menerima bantuan keuangan desa sebesar Rp75 juta. dan Desa/Kecamatan Kasiman menerima bantuan keuangan desa dari Pemprov Jatim sebesar Rp100 juta. * bej