SBY Tokoh Pertama Penerima Anugerah Prapanca Agung PWI Jatim

GN/Istimewa Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono

SURABAYA (global-news.co.id) PWI Jawa Timur memberikan penghargaan Anugerah Prapanca Agung pada Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 dan HUT ke-71 PWI Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (29/3/2017).

Presiden RI dua periode (2004–2014) itu dipastikan hadir untuk menerima penghargaan yang baru pertama kali diberikan 2017.  “Pak SBY pasti hadir dan berkenan menerima penghargaan Anugerah Prapanca Agung dari PWI Jawa Timur,” kata Akhmad Munir, Ketua PWI Jawa Timur.

Kepastian ini disampaikan SBY saat menerima pengurus PWI Jatim serta Ketua Umum PWI Pusat Margiono di kediamannya di Kuningan, Jakarta, Selasa (21/3/2017) lalu.

“Pak SBY sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan PWI Jatim ini. Beliau menegaskan hadir sekaligus nanti akan memberikan orasi kebangsaan dengan topik Demokrasi dan Pers usai menerima anugerah Prapanca Agung tersebut,” kata Munir.

PWI Jawa Timur setiap tahun memberikan penghargaan berupa PWI Jatim Award kepada para tokoh nasional asal Jawa Timur. Mereka yang dinilai memiliki prestasi terbaik di bidangnya masing-masing akan mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari PWI Jatim.

Sejumlah tokoh nasional yang telah menerima PWI Jatim Award di antaranya Mahfud MD (Ketua Mahkamah Konstitusi), Moeldoko (Panglima TNI Jenderal), Jenderal Timur Pradopo dan Jenderal Badrodin Haiti (Kapolri) dan Pramono Anung (Menseskab).

Khusus penghargaan Anugerah Prapanca Agung, baru tahun 2017 ini pertama kalinya diberikan. Menurut Munir, Anugerah Prapanca Agung ini tidak sembarang tokoh bisa menerima dan tidak setiap tahun diberikan.

“Anugerah Prapanca Agung hanya akan diberikan kepada tokoh-tokoh nasional yang benar-benar berprestasi luar biasa dan memiliki kategori sebagai putra terbaik bangsa. SBY merupakan orang yang pertama menerima Anugerah Prapanca Agung karena prestasinya dan tidak ada yang meragukan integritasnya sebagai putra terbaik bangsa,” katanya.

Selain SBY, lanjut Munir, tokoh nasional yang mendapat penghargaan PWI Jawa Timur adalah Dato Sri Tahir pengusaha sukses asal Surabaya sekaligus owner Mayapada Group dan Ir H. Ridwan Hisyam, anggota DPR RI.

“Kedua tokoh itu juga sudah memastikan hadir. Bahkan, dengan Dato Tahir, PWI Jawa Timur akan menandatangani kerjasama di bidang pendidikan untuk wartawan,” jelas Munir.

PWI Jatim juga memberi apreasiasi dan penghargaan kepada tokoh-tokoh Jawa Timur dari kalangan pemerintah daerah, koorporasi dan perusahaan, tokoh pers dan sosial budaya.

Tahun ini mereka yang akan mendapat penghargaan PWI Jatim Award itu adalah Soekarwo Gubernur Jawa Timur; Wahid Wahyudi, Kadis Perhubungan; Heru Tjahyono, Kadis Perikakanan dan Kelautan; Ali Masyhar, Kepala SKK Migas Jabanusa; Arum Sabil, Ketua APTRI; Bambang Suyanto, mantan Ketua PITI; Tatang Istiawan, CEO Surabaya Pagi; serta Amak Syariffudin, wartawan senior.(fan)