Meninggal Dunia, KH Hasyim Muzadi Dikebumikan di Depok

136815_hasyim-muzadi_663_382MALANG (global-news.co.id)-Innalillahi wa inna illaihi rajiun! Umat Islam di Indonesia berduka. Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Kiai Hasyim Muzadi meninggal dunia pagi ini (16/3/2017).

Informasi yang diterima Global News, pimpinan pondok pesantren Al Hikam Malang ini dinyatakan meninggal pukul 06.15 WIB.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang sebelumnya sudah mengonfirmasi salah satu keluarga Abah Hasyim Muzadi, membenarkan kabar meninggalnya ustadz karismatis alumni Pondok Modern Gontor ini

“Telah wafat KH. Hasyim Muzadi pagi ini. Mari doakan almarhum diampuni kesalahannya, diterima amal bajiknya, berada di sisiNya.Al-faatihah..,” ujar Menag lewat akun Twitter-nya, @lukmansaifuddin, Kamis (16/3/2017).

Hal serupa juga diungkapkan ulama kharismatik Nadhlatul Ulama (NU), Kiai Mustofa Bisri. Dilansir akun twitter-nya, pria yang kerap menulis puisi ini sangat kehilangan akan sosok almarhum. “Inalilahi wainalillahi rojiun. Kita kehilangan lagi seorang tokoh, mantan Ketum PBNU, KH. Hasyim Muzadi. Semoga husnul Khotimah,” ungkapnya.

Rencananya, jenazah akan dikebumikan di Pondok Pesantren Al Hikam, Beji, Depok, Jawa Barat. Jenazah bakal diberangkatkan dari Malang selepas Dhuhur.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD juga membenarkan kabar meninggalnya KH Hasyim Muzadi. Dia mengatakan anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu meninggal pukul 06.00 WIB tadi.

“Pukul 06.00 WIB tadi wafat dan akan diterbangkan ke Al Hikam, Depok. Dikebumikan di sana,” ujar Mahfud.

KH Hasyim Muzadi lahir pada 8 Agustus 1944 ini wafat setelah menjalani perawatan intensif di RS Lavalette, Malang, Jawa Timur. Sehari sebelum meninggal alamrhum sempat dikunjungi Presiden Joko Widodo di Pondok Pesantren Al Hikam Malang yang didirikannya. (faz)