Lamongan Siapkan Rp 121,5 Miliar untuk Bangun Jalan

GN/Hamim Anwar Kondisi salah satu jalan di Lamongan yang rusak berat diduga akibat tingginya intensitas lalu lintas yang melaluinya.

GN/Hamim Anwar
Kondisi salah satu jalan di Lamongan yang rusak berat diduga akibat tingginya intensitas lalu lintas yang melaluinya.

LAMONGAN (global-news.co.id)-Pemkab Lamongan masih prioritaskan pembangunan jalan yang menjadi kewenangannya. Tahun ini, setidaknya anggaran sebesar Rp 121,5 miliar sudah disiapkan untuk membanguan jalan kabupaten dan jalan poros desa (Japordes).

Anggaran tersebut disiapkan melalui Dinas PU Bina Marga saja. Sehingga total anggaran untuk pembangunan jalan di Lamongan dipastikan lebih dari itu.

Menurut Kepala Dinas PU Bina Marga Eko Agus Trihandono melalui Kabag Humas dan protokol Agus Hendrawan, anggaran pembangunan sebesar Rp 121,5 miliar itu terbagi untuk pembangunan jalan kabupaten dan Japordes.

Rinciannya, sebesar Rp 99 miliar untuk pebangunan jalan kabupaten, dan sisanya sebesar Rp 22,5 miliar untuk pekerjaan Japordes.

“Sudah menjadi komitmen Bapak Bupati Fadeli untuk menjadikan pembangunan infrastruktur, baik jalan maupun jembatan sebagai prioritas. Karena dengan akses infrastruktur yang baik, aktifitas warga, baik untuk perekonomian, pertanian, maupun anak-anak ke sekolah akan lancar, “ kata Agus Hendrawan kepada awak media, Kamis (02/03).

Dia kemudian mencontohkan pembangunan jalan di tahun 2016 yang sudah terbanguan baik sehingga akses warga semakin lancar. Seperti ruas Plembon-Sugio, Deket-Soko dan ruas Jalan Mastrip.

Lanjut dia, pembangunan itu tidak bisa dilakukan serta merta, dalam sekejap. Namun dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan anggaran yang dimiliki Pemkab Lamongan.

“Dari anggaran sebesar Rp 99 miliar untuk jalan kabupaten, ada 19 ruas yang dibangun dengan total panjang 40 kilometer. Juga untuk pembangunan 6 unit jembatan, 6 unit gorong-gorong, dan pembangunan dinding penahan tanah di 3 lokasi,” Paparnya.

Sedangkan pembangunan Japordes yang sudah disiapkan anggaran sebesar 22,5 miliar, rencananya akan digunakan untuk pembangunan 35 ruas jalan. Kemudian juga untuk 1 unit jembatan, dan pembangunan dinding penahan tanah di 23 lokasi.

Diantara jembatan yang dibangun adalah Jembatan Sumbergondang ruas Mantup-Ayamalas dan Jembatan Luke ruas jalan Deket-Soko.

Sedangkan diantara jalan yang dibangun adalah peningkatan jalan Sukodadi-Sumberwudi dan jalan Bluluk-Sukorame. Kemudian pelebaran dan pemeliharaan jalan Pagerwojo-Plembon-Sugio-Tlanak serta pemeliharaan berkala dan pelebaran jalan Deket-Soko-Karangbinanangun.(mim)