Hutan Mangrove Surabaya Diusulkan Jadi Kebun Raya

GN/Istimewa Hutan Mangrove Di Pantai Timur Surabaya diusulkan menjadi kebun raya.

GN/Istimewa
Hutan Mangrove Di Pantai Timur Surabaya diusulkan menjadi kebun raya.

SURABAYA (global-news.co.id) -Hutan mangrove di Pantai Timur Surabaya (Pemurbaya) diusulkan nantinya menjadi Kebun Raya Mangrove. Kalau terwujud ini bakal menjadi yang pertama di Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya Djoestamadji di Surabaya, mengatakan usulan tersebut sudah disampaikan ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Apabila usulan wali kota ke LIPI tersebut terealisasi, maka Kebun Raya Mangrove tersebut bisa jadi yang pertama di Indonesia,” kata Djoestamadji, Selasa (28/3/2017).

Ia berharap Kebun Raya Mangrove di Pamurbaya nantinya selain sebagai tempat rekreasi juga menjadi tempat pendidikan dan penelitian bagi kalangan akademis dari perguruan tinggi di Surabaya maupun luar Surabaya.

Untuk itu, lanjut dia, jika berubah menjadi kebun raya, maka pihaknya akan menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk mengembangkannya. “Di perguruan tinggi ada fakultas biologi, kemudian lingkungan dan sebagainya,” katanya.

Menurut Joestamadi, apabila sudah menjadi kebun raya, tanaman maupun  jenis lainnya yang ada di dalam kawasan lindung ini silsilah, asal dan jenisnya harus jelas. “Misalkan, ditanam tahun berapa,” katanya.

Ia menerangkan, LIPI yang sudah mempunyai Kebun Raya di Purwodadi, akan memberikan pelatihan kepada dinas pertanian dalam pengembangan dan pelestariannya. Selain itu, pola penanamannnya juga tak bisa sembarangan karena penanamannya per blok, dilengkapi riwayatnya dari mana asalnya. (ant/pur)