Resmikan Embung Samiran, Bupati Syafii Tabur Benih Ikan

 

GN/Masdawi Dahlan Bupati Achmad Syafii bersama Forpimda melakukan tabur benih ikan di embung Samiran yang baru diresmikan, Kamis (2/2/2017).

GN/Masdawi Dahlan
Bupati Achmad Syafii bersama Forpimda melakukan tabur benih ikan di embung Samiran yang baru diresmikan, Kamis (2/2/2017).

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Embung Samiran yang berlokasi di Desa Kodik Kecamatan Proppo, telah diresmikan Kamis (2/2/2017) lalu oleh Bupati Pamekasan Achmad Syafii. Embung ini bukan hanya untuk kepentingan masyarakat sekitar lokasi namun untuk kepentingan  masyarakat Pamekasan secara luas.

Dalam peresmian ini, Achmad Syafii didampingi Wabup Khalil Asy’ari, Dirut PDAM Agoes Bachtiar, Ketua DPRD Achmad Halili Yasin, beserta anggota Forum Komunikasi  Pimpinah Daerah (Forkopimda) dan para pimpinan SKPD lainnya serta para undangan terkait lainnya.

Achmad Syafii menjelaskan, embung seluas 1,2 hektare itu amat sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan akan menampung air untuk kebutuhan saat musim kemarau. Diharapkan nantinya masyarakat bukan hanya warga Samiran dan Proppo namun masyarakat Pamekasan secara umum lainnya tidak lagi mengalami kekurangan air.

Yang paling menarik, kata Syafii, air itu akan dikirim ke water treatment plant (WTP) untuk diolah menjadi air yang bisa dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. “Ini nanti akan kita manfaatkan sebagai cadangan air baku. Jadi air ini bisa dimanfaatkan saat musim kemarau,” terangnya.

Syafii dan Forkopimda juga menyempatkan melihat meninjau mengitari embung menggunakan perahu karet yang didampingi tim BPBD. Mantan anggota DPR RI asal Partai Demokrat itu menabur ribuan bibit berbagai macam jenis ikan ke dalam air embung itu. Diharapkan bibit ikan itu tumbuh besar dan bisa dimanfaatkan oleh warga.

“Tolong ikan-ikan ini dirawat agar bisa bertahan hidup dan nanti setelah besar bisa dipancing oleh warga untuk memenuhi kebutuhannya . Kami harap embung ini juga diawasi agar tidak disalahgunakan oleh warga,” harapnya. (mas)