Peringati HPN 2017, Warga Tuban Tanam 2000 Pohon

GN/Chusnul Huda Semua komponen warga Tuban menanam dua ribu pohon di atas dua hektare lahan.

GN/Chusnul Huda
Semua komponen warga Tuban menanam dua ribu pohon di atas dua hektare lahan.

TUBAN (global-news.co.id)-Warga Tuban punya cara sendiri dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2017. Semua elemen masyarakat mulai anggota PWI, Kodim 0811 Tuban, SMAN 1 Kerek, KPH Perhutani Tuban, Muspika Kecamatan Kerek, masyarakat sekitar hutan mengikuti penanaman 2000 pohon, di kawasan Sumur Merkudu petak 11c RPH Gaji, BKPH Kerek, KPH Tuban, Jumat (10/2/2017).

Sebanyak 2.000 pohon meliputi tanaman pohon mangga, trembesi, kluwih, sukun, serta mete ini ditanam di atas lahan seluas kurang lebih 2 hektare.

Administratur (Adm) KPH Tuban, Riyanto Yudotomo mengapresiasi kegiatan yang menggandeng siswa – siswi pelajar SMAN 1 Kerek dan pecinta alam. Menurutnya, itu adalah hal yang sangat positif yang perlu ditanamkan pada generasi muda sebagai penerus pelestarian alam nantinya.

Lebih lanjut dirinya berharap, agar ke depan Kabupaten Tuban yang dikenal dengan sebutan Bumi Wali bisa menjadi tujuan wisata yang terkenal hutannya yang bagus. Sehingga, Perhutani tidak perlu menebang hutan tapi justru bisa mendatangkan wisatawan dan berdampak mampu memberikan pemasukan bagi ekonomi warga sekitar.

Riyanto menegaskan, potensi wisata hutan yang ada di Tuban banyak yang bisa dikembangkan, di antaranya situs-situs bersejarah peninggalan nenek moyang yang perlu dijaga dan dilestarikan, tinggal bagaimana mengelola agar bisa menarik.

Sementara itu, Ketua PWI Tuban Pipit Wibawanto menambahkan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian HPN 2017 yang dilaksanakan oleh PWI Tuban, yang selalu berkomitmen terhadap kepeduliannya mengawal pelestarian hutan sehingga bisa bermanfaat untuk semua pihak.

“Apa yang kita tanam hari ini, merupakan peninggalan yang bermanfaat untuk generasi mendatang, apalagi lokasi ini merupakan sumber mata air yang menjadi penghidupan untuk masyarakat sekitar dan para petani saat musim kemarau,” ujar pipit.

Oleh sebab itu, dirinya berpesan agar penanaman pohon seperti ini bukan hanya seremonial belaka, tapi lebih kepada perawatan dan menjaga hingga tumbuh berkembang dan benar-benar bisa menjadi penyelamatan sumber mata air.

Waka Kesiswaan SMAN 1 Kerek M. Sugiarto mengaku, sangat mendukung langkah yang dilakukan PWI Tuban, dengan melibatkan siswa – siswinya dalam penanaman pohon tersebut, selain sebagai edukasi pada pelajar tentunya diharapkan siswa mampu menangkap nilai-nilai kemanfaatan atas pentingnya menjaga alam.

Kegiatan tersebut diikuti ratusan pelajar, penduduk sekitar hutan, anggota PWI Tuban, jajaran TNI anggota Kodim 0811 Tuban, Polsek dan Camat Kerek Kabupaten Tuban.  (hud)