Pameran Produk UKM di Tanah Abang Segera Digelar

GN/Dok. H Lulung menandatangani nota kesepahaman disaksikan sejumlah pejabat tinggi di Madura, beberapa waktu lalu.

GN/Dok.
H Lulung menandatangani nota kesepahaman disaksikan sejumlah pejabat tinggi di Madura, beberapa waktu lalu.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Pemkab Pamekasan bergerak cepat. Tawaran untuk mendapatkan tempat memasarkan poduk UKM dan Koperasi di Pasar Tanah Abang Jakarata, yang pernah disepakati nota kesepahamannya bersama dengan Ketua Koperasi Pasar Tanah Abang H Lulung, kini ditindaklanjuti.

Pemkab Pamekasan melakukan rapat teknik persiapan untuk menggelar pameran produk UKM di Jakarta tersebut, Selasa (31/1/2017). Selain dari Pemkab Pamekasan juga hadir dalam pertemuan itu utusan dari Dinas Koperasi dan UKM dari tiga kabupaten di Madura yakni Sampang, Sumenep dan Bangkalan.

Ini dilakukan karena penandatanganan nota kesepahaman dilakukan bukan hanya dengan Pamekasan tetapi juga dengan tiga kepala daerah lainnya di Madura. Penandatangam ini dilakukan  pada saat acara pesta budaya Semalam di Madura akhir Oktober lalu di Pamekasan.

Bupati Pamekasan Achmad Syafii mengaku kerjasama antara pemkab di Madura dengan Koperasi Pasar Tanah Abang  sangat tepat untuk memberikan peluang pemasaran produk Pamekasan dan Madura secara umum di Jakarta. Karena salah satu hal penting dalam larisnya produk adalah  pemasaran yang selama  ini selalu menjadi masalah.

“H Lulung selaku Ketua Koperasi Pasar Tanah Abang malah pernah mengusulkan nanti juga agar kalau perlu ada hari khusus atau pasaran Madura  di sana. Ini menunjukkan bahwa perhatian H Lulung bagi pengusaha UKM kita di Madura  sangat serius, “ kata Syafii.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Pamekasan Jon Yuliyanto menegaskan, pameran bersama empat kabupaten di Jakarta itu akan dilaksanakan antara bulan 4 hingga bulan 6 mendatang selama satu minggu. Semua anggaran ditanggung  oleh masing masing daerah.

“Kita tadi bicara teknis. Di antaranya dari empat kabupaten ini itu adalah mendukung penuh untuk pameran itu, agar produk koperasi dan UKM laris di sana. Ini tujuan yang paling pokok kita. Lalu juga bicara soal rencana kunjungan melihat lokasi ke Pasar Tanah Abang kita rencanakan juga.” katanya.

“Yang pasti, kata Jon, kita dipastikan di sana disediakan oleh Koperasi Pasar Tanah Abang, kita diberi kios seluas 5 x 8 meter selama dua tahun gratis tanpa bayar. Lokasinya  Lantai II Blok B Pasar Tanah Abang,” imbuhnya.

“Jadi pameran kita gelar selama sekitar satu minggu, lalu, setelah megenalkan produk UKM dan koperasi itu, maka, masyarakat Jakarta yang membutuhkan produk UKM dan koperasai tinggal membeli di show room yang telah disediakan itu,”  pungkasnya. (mas/*)