Global-News.co.id
Nasional Utama

Jalan Rusak, Mensos Gerak Cepat Hubungi Menteri PUPR

Mensos Khofifah IP tinjau lokasi longsor di Bangli dan Buleleng sekaligus menyerahkan bantuan untuk korban.
Mensos Khofifah IP tinjau lokasi longsor di Bangli dan Buleleng sekaligus menyerahkan bantuan untuk korban.

BANGLI (global-news.co.id) – Mendapat keluhan Wakil Bupati Bangli soal akses jalan rusak dan tanah longsor di kawasan Batur Geopark yang dikhawatirkan memutus akses jalan ke 15 desa di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa gerak cepat menghubungi pihak-pihak terkait.

“Pada saat wakil bupati sambutan tadi saya kirim pesan singkat (SMS)ke Pak Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), menyampaikan pesan bahwa di jalan nasional menuju Batur Geopark separuhnya longsor dan terdapat retakan. Alhamdulillah Pak Menteri PUPR langsung menjawab timnya siap untuk segera melakukan perbaikan,” papar Mensos dalam pidatonya di Posko Taktis Dusun Dalam, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Senin (13/2).

Mensos menyebutkan format quick response semacam ini kerap ia dilakukan di tengah terjadinya bencana. Koordinasi langsung dengan para Menteri dan Pimpinan Lembaga telah diterapkan di berbagai lokasi bencana seperti saat gempa Aceh dan banjir di Bima pada Desember 2016, dan lain-lain.

“Format seperti ini sering saya lakukan. Artinya koordinasi langsung di lapangan untuk merespon hal-hal yang segera dan menyangkut kepentingan masyarakat luas. Dan hasilnya alhamdulillah, keluhan dan kebutuhan masyarakat cepat tertangani,” katanya.

Sebelumnya Wakil Bupati Bangli dalam laporannya kepada Mensos menyampaikan jalan nasional menuju kawasan Geopark Batur mengalami longsor parah. Padahal jalan tersebut adalah satu-satunya akses bagi warga dari Kabupaten Bangli menuju tempat tinggal mereka yang berada di dalam wilayah Geopark Batur.

“Ruas jalan yang Ibu lewati menuju lokasi pengungsian adalah ruas jalan nasional yang di beberapa titik separuhnya jebol. Kami khawatir kalau cuaca ekstrim sampai akhir Februari bisa menggerus lapisan tanah dan mengakibatkan 15 desa terisolir,” paparnya.

Ia mengatakan karena statusnya merupakan jalan nasional maka Pemkab tidak memiliki wewenang untuk bisa melakukan perbaikan yang permanen. Kini sebagai langkah tanggap darurat, pihaknya memasang larangan melintas dan garis polisi di sekitar wilayah terdampak longsor.

“Semoga perbaikan jalan ini bisa menjadi prioritas utama untuk perbaikan di Tahun Anggaran 2017,” katanya.

Menteri Sosial berada di Bali dalam rangka menyampaikan santunan dan bantuan sosial bagi korban tanah longsor di Bangli dan Buleleng.

Total bantuan sosial mencapai Rp 773.947.000 dengan rincian Bantuan Logistik Rp 533.947.100 dan santunan korban longsor Rp 240.000.000.(rdl)

 

baca juga :

Jumlah Korban Meninggal akibat Virus Corona di Tiongkok Tembus 1.523 Orang

Redaksi Global News

Keluarga Terpapar Covid-19, Gus Ipul Beri Klarifikasi

Redaksi Global News

Pembukaan Pasar Turi Baru, Jadi Wadah UMKM Bangkitkan Ekonomi Kota Surabaya

Redaksi Global News