Disdik Gelar O2SN Tingkat SD Se-Pamekasan

GN/ISTIMEWA Peserta tennis meja saat bertanding di gedung olah raga SMAN 3 Pamekasan.

GN/ISTIMEWA
Peserta tennis meja saat bertanding di gedung olah raga SMAN 3 Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan selama dua hari mulai Senin (20/2/2017) dan Selasa (21/2/2017) menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) sekolah dasar (SD) untuk tingkat kabupaten.

Sesuai kesiapan sarana dan prasarana kegiatan yang melibatkan aneka ragam cabang olahraga itu dilakukan di beberapa tempat.

Dua di antaranya untuk cabang olahraga atletik dan tennis meja dilaksanakan di lapangan sepak bola dan gedung olahraga SMAN 3 Pamekasan.

Sedangkan untuk cabang bulutangkis dilaksanakan  di gedung Pramuka, karate digelar di lapangan SDN Bugih I dan aneka lomba lainnya yang dilaksanakan di tempat yang beda sesuai dengan situasi lapangan.

Peserta tahun ini terdiri dari dua tingkatan kelas yakni kelas 4 dan kelas 5. Peserta kelas lima pelaksanaan dilakukan Senin 20  Februari. Sedang peserta kelas 4 dilaksanakan Rabu, 21 Februari.

Kepala Bidang (Kabid) TK/SD Disdik Pamekasan Pramajaya mengatakan peserta O2SN kali ini merupakan para siswa terbaik hasil seleksi dari tiap kecamatan. Sebelum mengikuti tingkat kabupaten, mereka terlebih dahulu bersaing di level kecamatan yang berlangsung secara ketat.

Dia mengaku selama ini Pamekasan memang belum memiliki prestasi puncak untuk O2SN tingkat provinsi apalagi nasional. Karena itu ia berjanji mencarikan strategi dalam menggapai cita cita tersebut. Di antaranya dengan cara mematangkan peserta atau duta yang akan dikirimkan ke tingkat provinsi maupun nasional melalui pembinaan secara baik.

Salah satu di antaranya adalah strategi yang dilakukan sekarang. Peserta O2SN tingkat SD untuk kelas IV itu dipersiapkan untuk mengikuti O2SN tingkat provinsi pada tahun mendatang bukan untuk tahun sekarang ini. Harapannya mereka akan mendapatkan pembinaan yang matang, sehingga memungkingkan membuahkan hasil yang baik nanti.

“Pada hari kedua O2SN kali ini adalah khusus untuk siswa kelas IV. Ini dilakukan karena mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti O2SN tingkat provinsi untuk pada tahun berikutnya bukan sekarang. Yang kelas V saja yang akan dipersiapan untuk O2SN tahun 2017 ini,” pungkas Pramajaya. (mas/*)