Mensos: E-Warong Hadir untuk Bantu Entas Kemiskinan

 LAUNCHING E-WARONG: Mensos Khofifah Indar Parawansa saat peluncuran e-Warong Kube PKH di Kota Depok, Senin (9/1).


LAUNCHING E-WARONG: Mensos Khofifah Indar Parawansa saat peluncuran e-Warong Kube PKH di Kota Depok, Senin (9/1).

DEPOK (global-news.co.id) – Peluncuran e-Warong Kube PKH merupakan tindak lanjut dari komitmen Kementerian Sosial (Kemensos) dalam mengentaskan kemiskinan melalui sinergi Program Keluarga Harapan (PKH) dengan program Kelompok Usaha Bersama (Kube).

Demikian halnya dengan peluncuran e-Warong Kube PKH pertama kali di Kota Depok, Jawa Barat yang diluncurkan langsung oleh Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, Senin (9/1).

“E-Warong hadir untuk dapat meringankan beban pengeluaran keluarga miskin, yang tentunya juga turut membantu pengentasan kemiskinan di tiap-tiap daerah” kata Mensos saat memberikan pengarahan di Aula Teratai Lantai 1, Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kota Depok.

Mensos dalam pengarahannya juga turut mensosialisasikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Kartu ini fungsinya digunakan sebagai alat transaksi pembayaran program bantuan pangan dan mengambil uang tunai bagi penerima Program PKH, serta program-program bantuan sosial lainnya.

“Nantinya juga KKS ini dapat digunakan untuk bertransaksi di e-Warong atau di agen-agen bank Himbara yang meliputi program bantuan bersubsidi seperti pembayaran listrik bersubsidi, gas elpiji 3kg bersubsidi, pupuk bersubsidi dan program subsidi lainnya,” ujar Khofifah.

Bertransaksi di e-Warong Kube PKH, Mensos menjamin bahwa harga bahan pangan yang dijual lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran.

“Bapak-ibu penerima manfaat jangan malu-malu untuk membandingkan harga di e-Warong dengan toko sebelah, jadi saya sarankan ‘Cek Toko Sebelah’ seperti judul film Indonesia yang sedang ramai saat ini,” ucap Khofifah disambut tawa para penerima manfaat.

Apresiasi Tinggi

Sementara itu Walikota Depok, Mohammad Idris dalam sambutannya sebagai tuan rumah menyampaikan terima kasih dan rasa bangganya diberi kepercayaan oleh Kemensos untuk menjalankan Program e-Warong Kube PKH.

“Saya menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi atas diluncurkannya e-Warong ini sebagai upaya untuk mencegah distribusi yang tidak tepat kualitas dan kuantitas, sehingga tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dapat segera tercapai,” kata Idris.

Sebagai informasi, pada 2016 di Kota Depok tercatat ada 41.103 Keluarga Penerima Manfaat Program Subsidi Rastra dan 11.421 Keluarga Penerima Manfaat Program PKH.

Khusus untuk peluncuran e-Warong di Kota Depok merupakan kota ke-42 dan e-Warong ke-157 yang telah diluncurkan di seluruh Indonesia. Di Kota Depok sendiri sementara baru disiapkan satu e-Warong yang berada di lingkungan Cikumpa, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya.

Turut hadir mendampingi Mensos dan walikota Depok dalam peluncuran acara tersebut antara lain Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Andi Dulung dan Staf Khusus Mensos Prof Dr M Mas’ud Said, Prof Eko Ernada, Dwi Aryadi Kusuma, Direktur Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Mumu Suherlan, serta Kepala Dinas Sosial Kota Depok Kania.(rdl)