Lazio Bisa Jadi Sandungan Bianconeri

GN/Istimewa Pemain andalan Juventus Paulo Dybala

GN/Istimewa
Pemain andalan Juventus Paulo Dybala

Logo Seri A ItaliaTURIN (global-news.co.id)-Memasuki pekan ke-21, persaingan tim papan atas Serie A Italia semakin seru. Pasalnya, empat dari lima tim penghuni akan saling berhadapan, Juventus akan menghadapi Lazio dan AC Milan menjamu Napoli.

Juventus sebagai pemegang posisi capolista (puncak klasemen) bisa jadi posisinya terancam saat ini. Hal ini karena poinnya berada dalam jangkauan para pesaingnya. Tim yang dijuluki Bianconeri saat ini mengantongi 45 poin dari 19 kali bermain. Sedangkan di posisi kedua ada AS Roma yang sudah 20 kali bertanding dan meraup 44 poin.

Seandainya Juve kembali tersandung seperti saat menghadapi Fiorentina, Senin (16/1/2017), maka posisi capolista ada di tangan Roma yang diperkirakan bakal tidak kesulitan mengatasi tamunya Cagliari, Senin (23/1/2017).  Di saat Juve gagal kalah di laga away,  Roma berhasil menang di kandang Udinese dengan skor tipis 1-0, akhir pekan kemarin. Roma kini punya peluang menang lagi atas tamunya Cagliari sang peringkat ke-10 yang juga menang telak 4-1 atas Genoa di akhir pekan.

Meski Juve saat ini masih memiliki satu laga simpanan di tangan, namun Juventus harus berhati-hati dengan laga kali ini . Ini karena lawan Juve adalah klub ibukota Lazio yang baru saja menghabisi kuda hitam Atalanta, 2-1. Dengan kemenangan tersebut pada pekan kemarin, tim berjuluk Biancoceleste ini berada di ranking keempat dan hanya terpaut 5 poin di bawah Juventus.

Dari statistik lima kali pertemuan terakhir kedua tim elit Serie A Italia tersebut, Juventus memang unggul atas lawannya. Baik Juve maupun Lazio baru sekali kalah dalam lima kali pertandingan terakhir dalam kompetisi Serie A Italia.

Namun kondisinya sekarang sedang berbeda. Penampilan Juve kini tengah disorot terutama setelah digebuk Fiorentina. Sebaliknya, Lazio justru masih menyimpan euphoria kemenangan atas Atalanta.

Kedua tim telah bertemu sebelumnya pada pergelaran kompetisi yang sama pada bulan Agustus 2016 lalu. Dimana saat itu Juventus yang bermain sebagai tim tamu, sukses mencuri poin atas Juventus dan membuat mereka unggul dengan skor tipis 0-1 pada laga tersebut.

Pada bulan April 2016 lalu kedua tim juga tercatat telah bertarung pada kompetisi yang sama juga, namun kali ini Juventus yang bermain sebagai tuan rumahlah yang berhasil meraih poin penuh dan mengakhiri pertandingan dengan skor 3-0.

Kendati demikian, sebagai tuan rumah, Juventus, sedang dalam performa terbaik mereka. Dalam beberapa laga kandang, Juve selalu menang. Dalam laga kandang Coppa Italia, Juve memukul Atalanta dengan skor 3-2 bagi keunggulan Juventus.

Selain itu dalam pertandingan kandang lainnya Juventus juga tercatat telah bertemu dengan Bologna pada lanjutan kompetisi Serie A, dimana mereka lagi-lagi sukses meraih kemenangan dengan skor akhir 3-0.

Sebaliknya, Lazio, pada laga tandang terakhir mereka, harus puas dengan hasil kekalahan atas Inter Milan, pada lanjutan Serie A Italia. Selain itu Lazio juga tercatat telah bertamu ke markas besar Sampdoria dalam kompetisi yang sama, namun kali itu mereka sukses meraih kemenangan dan mengakhiri pertandingan dengan skor telak 1-2. Melihat hasil pertandingan yang telah dijalani kedua tim, Juventus dijagokan keluar sebagai pemenang meski tipis. (faz)