Fokus Berbenah, Partai Demokrat Siap Beri Kejutan di 2019


SIAP MELESAT: Partai Demokrat, pilih menjadi partai penyeimbang untuk melesat di 2019 | Foto: Global News/Faizal Abdillah

SURABAYA (global-news.co.id) – Partai Demokrat siap menyalip sejumlah pesaingnya yang saat ini sedang leading. Karena itu, partai ini sedang melakukan sejumlah persiapan untuk memberi kejutan di 2019.

Hal itu diungkapkan Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan jelang Pelantikan dan Pembekalan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jatim periode 2016-2021 di Surabaya, Minggu (8/1).

“Kalau dibalapan Formula 1, kami tetap di landasan pacu. Saat ini sekadar di pitstop dan siap masuk gelanggang. Biasanya habis dari pitstop yang depan bisa dilibas,” ujarnya di Jatim Expo, Sabtu (7/1).

Menurutnya, hal ini yang menjadikan Demokrat memposisikan diri sebagai penyeimbang, bukan sebagai oposisi maupun koalisi di pemerintahan. “Ini lebih baik karena negeri ini butuh itu,” tambahnya.

Terkait sejumlah partai yang sudah mulai merapat dan sebagian juga menyatakan oposisi pada pemerintah, Hinca tak mau berkomentar banyak. “Kami Tak mau tergoda atau digoda masuk pemerintahan. Tetap menjadi penyeimbang, terukur dan bisa diikuti,” tegasnya.

Pihaknya saat ini sedang melakukan sejumlah upaya politik yang akan berdampak sangat besar. Ini juga sebagai upaya mempersiapkan partai ini untuk Pilkada serentak di 2018 dan puncaknya di Pileg dan Pilpes 2019.

Demokrat, tutur Hinca, akan melakukan kerja politik yang terukur supaya harapan suara Demokrat naik 50-100 persen bisa terwujud. “Pelantikan besok berdampak politik besar. Kami akan Terus melakukan kerja politik, apalagi di Jatim termasuk terbesar menyelenggarakan Pilkada 2018,” ungkapnya.

(Baca juga: Pilgub Jatim 2018, Pakde Karwo: Demokrat Belum Tentu Dukung Gus Ipul)

Sementara itu untuk konsep pelantikan akan dikemas dengan konsep pesta rakyat, mulai dari disediakannya pasar murah, makan gratis, panggung hiburan rakyat yang bakal mendatangkan artis ibukota.

“Memang konsep kami kali ini merakyat. Bagi kami ini penting agar rakyat tahu siapa saja pengurus Demokrat Jatim yang baru,” jelasnya.

Tak hanya itu, sehari sebelum pelantikan juga akan digelar pembekalan kepada seluruh pengurus oleh sejumlah perwakilan dari DPP. Ini dilakukan agar para pengurus yang baru mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing.

Seperti diketahui, pada komposisi struktural pengurus DPD Partai Demokrat Jatim 2016-2021 terdapat anam pensiunan birokrat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Beberapa nama di antaranya mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Jatim, Zarkasih; mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan Jatim, Tutut Herawati; mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim, Zainal Abidin; mantan Kepala Dinas Kehutanan Jatim, Agus Syamsuddin; dan mantan Kepala Dinas Peternakan Jatim, Maskur.(zal)