Bupati Minta Jajaran OPD Bekerja Inovatif

Bupati Lamongan, Fadeli SH memimpin pemaparan SAKIP 2017 di Ruang Sasana Nayaka.

Bupati Lamongan, Fadeli SH memimpin pemaparan SAKIP 2017 di Ruang Sasana Nayaka.

LAMONGAN (global-news.co.id) – Bupati Lamongan meminta seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lamongan untuk bekerja lebih inovatif, tidak sebatas bekerja rutunitas secara normatif sesuai tugas dan fungsi saja.

Hal ini diungkapkan Bupati Lamongan, Fadeli SH saat memimpin langsung pemaparan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2017 oleh seluruh jajaran OPD di Ruang Sasana Nayaka, Senin (30/1).

“Kalau sekadar normatif, bekerja yang rutin-rutin saja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, Saya rasa itu terlalu mudah untuk OPD. Saya minta setiap OPD harus memiliki program inovatif, memberikan lebih dari yang dipersyaratkan aturan, beyond complience, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Fadeli.

Dalam Kesempatan tersebut, Fadeli didampingi Wakil Bupati Lamongan Hj Kartika Hidayati dan juga Sekretaris Kabupaten, Yuhronur Effendi menegaskan, penerapan manajemen kinerja pemerintahan yang berorientasi pada pencapaian dan mendapatkan hasil yang lebih baik, tidak lagi menekankan kepada berapa besar anggaran yang telah dihabiskan. Namun, seberapa besar kinerja yang dihasilkan untuk mencapai tujuan di akhir periode.

“Jika program inovatif itu memang bagus dan bisa memberikan manfaat kesejahteraan bagi masyarakat, tentu dukungan penganggaran akan tersedia. Seperti road map peningkatan produksi jagung, padi dan kedelai di Dinas TPHK,“ jelasnya.

Selain itu, Bupati Lamongan dua periode itu meminta ke depannya setiap OPD agar dalam paparan SAKIP harus ada lembaran baru yang mencantumkan program inovatifnya.

Fadeli menambahkan, dengan adanya SAKIP tersebut,  kepala daerah bisa mengukur kinerja pembangunan secara keseluruhan dan kinerja masing-masing OPD.(mim)