Baru 60 Persen Perusahaan di Tuban Ikuti BPJS Ketenagakerjaan

GN/Chusnul Huda Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tuban menyalami Ketua PWI Tuban, dalam kegiatan sosialisasi BPJS di kalangan wartawan di Tuban, kemarin (23/1/2017).

GN/Chusnul Huda
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tuban menyalami Ketua PWI Tuban, dalam kegiatan sosialisasi BPJS di kalangan wartawan di Tuban, kemarin (23/1/2017).

TUBAN (global-news.co.id) – Berdasarkan data dari Kantor Cabang Pembantu BPJS Ketenagakerjaan Tuban mencatat, baru 60 persen perusahaan yang terdaftar dalam kepesertaan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Tuban, Wahyu Hutomo Selasa (24/1/2017) menyampaikan, terdapat sekitar 1.000 perusahaan potensial untuk mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Namun, baru sekitar 600 perusahaan yang mendaftarkan pegawainya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Data tersebut didapat dari dinas terkait seperti Dinas Perizinan, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Dinas Perekonomian dan Perdagangan,” tutur pria yang sebelumnya bertugas di BPJS Ketenagakerjaan Surabaya.

Namun, dirinya masih memiliki kendala selama 2016 lalu, diantaranya masih ada beberapa perusahaan yang kurang pro aktif terhadap kesejahteraan karyawan atau pegawainya. Sehingga, dirinya menargetkan tahun 2017 ini lebih intens untuk melakukan sosialisasi.

“Perusahaan yang belum jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan diantaranya bidang konstruksi, tambang, home industri dan cukup bervariasi,” kata pria asal Malang ini.

Wahyu Hutomo menambahkan, terdapat beberapa prasyarat perusahaan yang berkewajiban menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Beberapa diantaranya perusahaan tersebut memiliki pekerja minimal 10 orang dan menerapkan Upah Minimum Kabupaten/ Kota (UMK).

Namun menurutnya, masih dijumpai beberapa perusahaan yang masih “nakal” tidak mendaftarkan semua karyawan atau pegawainya. Dituturkan, saat ini di Kabupaten Tuban BPJS Ketenagakerjaan sudah meng cover sedikitnya 9.000 pekerja yang terdiri dari 600 perusahaan, baik skala kecil maupun skala besar.

Dirinya mengharapkan untuk tahun 2017 ini, 16.000 angkatan kerja dari data Dinas Tenaga Kerja Tuban bisa tercover, sehingga BPJS Ketenagakerjaan bisa menjadi jembatan menuju kesejahteraan pekerja, melalui Program BPJS Ketenagakerjaan antara lain meliputi: Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP). (hud)