Libur Panjang, Bandara Juanda Tambah Security Check Point

GN/Istimewa salah satu securitu check post bandara Juanda.

GN/Istimewa
salah satu securitu check post bandara Juanda.

SIDOARJO-Akhir pekan ini bakal menjadi libur panjang. Mengantisipasi melubernya penumpang, Bandara Internasional Juanda Surabaya membuka pintu tambahan “security check point” (SCP) pada musim liburan panjang akhir pekan seperti sekarang ini supaya tidak terjadi penumpukan penumpang di pintu masuk penumpang.

Legal and Communication Section Head Bandara Internasional Juanda Surabaya Anom Fitranggono mengatakan, penambahan SCP ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang yang akan menggunakan fasilitas penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

“Penambahan SCP ini sifatnya tentatif tergantung dari kebutuhan dan melihat situasi kondisi yang berkembang di lapangan seperti apa,” ujarnya.

Ia mengemukakan, untuk persiapan liburan panjang akhir pekan saat ini pihaknya tidak memiliki kesiapan khusus apapun.

“Tidak ada persiapan khusus uang dilakukan oleh petugas di lapangan karena liburan panjang akhir pekan ini sifatnya sama dengan liburan akhir pekan pada umumnya,” ucapnya.

Ia mengatakan, diprediksikan akan terjadi peningkatan penumpang sekitar 5 persen sampai dengan 10 persen pada liburan panjang akhir pekan seperti saat ini. “Prediksinya akan terjadi pada hari Jumat, Sabtu dan Senin lusa. Untuk kenaikan penumpang sekitar 5 sampai dengan 10 persen,” jelasnya.

Ia mengatakan, jurusan yang diprediksikan akan mengalami kepadatan yaitu untuk Surabaya menuju Denpasar dan juga Surabaya menuju ke Jakarta. “Kami berharap pelaksanaan liburan akhir pekan ini berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti di lapangan,” katanya. Dari data yang ada, di Bandara Internasional Juanda sendiri rata-rata jumlah penumpang yang menggunakan sarana angkutan ini sebanyak 51 ribu penumpang dengan jumlah pesawat sebanyak 415 unit. (tna)