Citizen Haus Kemenangan

Sergio Aguero

Sergio Aguero

LONDON (global-news.co.id)Manchester City sedang berada dalam pekan yang tidak terlalu menyenangkan. Setelah dibekuk di kandang sendiri oleh Chelsea, The City dipermalukan di kandang Leicester dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Minggu (18/12/2016), pukul 23.00 WIB, Manchester City akan meladeni tantangan duel Arsenal.

Memasuki pekan ke-16 dan ke-17 yang akan dimainkan pekan ini, City kini berada di peringkat keempat klasemen sementara setelah dua kali menelan kekalahan di ajang liga domestik. The Citizens juga sudah tidak merasakan kemenangan kandang dalam kompetisi Liga Primer sejak September.

Pep Guardiola sendiri sebagai manajer menyikapi hasil negatif beberapa penampilan timnya dengan menjadikannya sebagai pelajaran untuk melakukan perbaikan dalam penampilan The Citizen berikutnya. Ia menekankan pentingnya untuk selalu waspada terhadap bola-bola mati, yang dinilainya sebagai ciri khas sepakbola Inggris, terutama setelah melihat Swansea City mengalahkan Crystal Palace 5-4 pada 26 November lalu.

“Saya mulai paham sepakbola Inggris sejak melihat laga itu. Swansea vs Palace, sembilan gol, delapan gol di antaranya tercipta lewat set-piece. Itulah sepakbola Inggris dan saya harus beradaptasi dengannya karena saya belum pernah mengalaminya. Anda harus bisa mengontrol situasi bola mati, dan saat ini kami masih kesulitan mengontrolnya,” jelas Guardiola saat The City hendak melawan Watford, Rabu (14/12/2016).

“Tentu saja, saya baru enam bulan berada di sini. Jadi saya masih harus banyak belajar. Mustahil untuk mengontrol laga selama 90 menit, meski kami mampu melakukannya di awal musim. Bulan lalu, harus diakui, tidak berjalan baik. Saya harus terus mengembangkan apa yang saya percayai,” tandas mantan bos Barcelona ini.

Sebaliknya, Arsenal tengah bermain bagus. Dalam dua laga terakhir, The Gunners menggulung lawannya dengan skor besar. Pada pekan lalu, Arsenal menelan Stoke City 3-1 dan mencukur West Ham United 1-5. Bukan hanya itu, di ajang Eropa, Arsenal membungkam FC Basel dengan kemenangan 4-1. Namun, sayangnya, Arsenal harus menyerah 1-2 di Goodison Park saat tandang menghadapi Everton, Rabu (14/12/2016) dini hari. Meski demikian, posisi Arsenal dalam pekan-pekan ini masih akan aman di posisi kedua. Karena Liverpool yang bermain di Middlesbrough, Kamis (15/12/2016) dini hari WIB, tetap akan di posisi ketiga sekalipun menang karena selisih keunggulan gol.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger merasa timnya dalam kondisi bagus. Arsenal juga menunjukkan ketangguhan mental dengan selalu berhasil selamat dari posisi tertinggal di enam pertandingan. “Memenangi laga berikutnya di sepakbola adalah satu-satunya yang bisa Anda lakukan,” kata Wenger dikutip Sky Sports. “Yang pasti adalah, setiap laga seperti sebuah final turnamen untuk semua orang. Kami baru melalui sebuah laga di mana kami sempat tertinggal 0-1 dan kami sudah bangkit untuk kali keenam musim ini,” imbuhnya.

Bagi Manchester City, perolehan tiga poin akan menaikkan posisi The Citizen berada di posisi ketiga meski untuk sementara, seandainya Liverpool kalah di kandang Middlesbrough. Atau justru sebaliknya, kalau The City gagal memanfaatkan keuntungan bermain di kandang sendiri, posisi mereka akan semakin melorot kalau Tottenham Hotspurs menjinakkan Hull di kandang.

Dikutip dari situs goal.com, dari beberapa prediksi, semua menggunggulkan Arsenal, meski sebagai tamu. Fakta dalam lima pertemuan di Liga Primer sebelumnya, The Gunner memang lebih banyak membukukan kemenangan atas The City. Namun, dalam sepakbola apapun bisa saja terjadi.(faz)