1 Januari 2017, Car Free Day di Kota Surabaya Ditiadakan

 

GN/Istimewa  Suasana ramai sepanjang Jalan Darmo Surabaya dimana setiap minggu diberlakukan car free day.

GN/Istimewa
Suasana ramai sepanjang Jalan Darmo Surabaya dimana setiap minggu diberlakukan car free day.

SURABAYA (global-news.co.id)-Kegiatan rutin pada Minggu pagi, car free day (CFD), di Kota Surabaya ditiadakan untuk yang kedua kalinya pada Minggu, 1 Januari 2017. Peniadaan diputuskan Pemkot Surabaya dan instansi terkait karena bertepatan dengan libur tahun baru.

“Kami telah melakukan rapat koordinasi pengamanan (rakorpam) dan menyepakati tak ada ‘car free day’ minggu ini,” ujar Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Sekretaris Kota Surabaya Yayuk Eko Agustin, Sabtu (31/12/2016).

Berdasarkan rakorpam bersama antara Polrestabes Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, dan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait pada 29 Desember 2016 di Gedung Balai Kota, CFD atau hari bebas berkendara diputuskan untuk tidak dilaksanakan. Keputusan tersebut berkait dengan pengamanan selama tahun baru. Dengan demikian, pengamanan tak terkonsentrasi di satu titik, namun diharapkan pengamanan bisa menyebar ke berbagai wilayah.

“Pertimbangan utamanya adalah terkait dengan kondisi keamanan dan untuk menghindari konsentrasi massa dalam jumlah besar,” kata mantan Kepala Badan Kepagawaian Daerah Surabaya tersebut.

Sementara itu, kepada warga yang ingin tetap berolahraga dan beraktivitas Minggu pagi seperti biasanya diharapkan bisa memanfaatkan fasilitas publik lainnya.

Dengan demikian maka peniadaan CFD dilakukan dua pekan berturut-turut, setelah sebelumnya dilakukan saat Hari Natal, 25 Desember 2016, yang kebetulan bertepatan pada Minggu. Biasanya, hari bebas kendaraan digelar di “Kota Pahlawan” setiap Minggu pagi mulai pukul 06.000 WIB hingga 09.00 WIB di sepanjang Jalan Raya Darmo dan sejumlah wilayah yang diberlakukan CFD. (ant/pur)